peluang bisnis

Tips Mengelola Toko Online di Instagram

cara menggunakan instagram untuk usahabisnis via instagram

Salah satu social media yang sering digunakan sebagai toko online adalah instagram. Cara mengelola bisnis yang menggunakan media ini cukup berbeda dan tidak bisa disamakan dengan optimasi website toko online. Apalagi, sosmed ini memiliki banyak kekurangan terkait dengan teknik seo untuk pengoptimalan di penelusuran. Tetapi, ada hal lain yang menarik jika anda ingin membuat online shop dengan menggunakan instagram. Yaitu adanya fitur autoshare di facebook (group-nya) dan twitter, keberadaan fitur edit gambar serta dapat di embed di blog (menggunakan API). Lalu bagaimana cara menjalankan bisnis online melalui social media ini? Berikut penjelasannya.

Berjualan produk dengan membuat online store di instagram, maka ada beberapa tips yang dapat lakukan agar usaha berkembang dan meraih kesuksesan. Adapun cara pengelolaan terbaik tersebut diantaranya adalah:

  1. Pilih nama akun untuk membuat toko online di instagram dengan nama yang unik dan mudah dihapalkan. Jangan kejar “keyword” karena percuma. Seperti di awal saya jelaskan, onlineshop di sosmed ini tidak dapat dioptimasi pada mesin telusur.
  2. Miliki banyak followers asli. Sangat disarankan yang sesuai dengan market anda dan pengguna aktif akun instagram. Saya tidak menyarankan membeli followers karena sulit rasanya bagi pengelola jasa penambah followers untuk dapat memilah pengikut sesuai market bisnis anda. Apalagi jika harus akun yang aktif (bukan sekedar akun asli). Diluaran, sangat banyak penyedia jasa yang menggunakan bot yang rata-rata terjadi kombinasi pengikut akun asli dan palsu. Tetapi jika tujuan anda hanya untuk meningkatkan gengsi, agar terlihat bonafit karena pengikutnya banyak, ya sah saja menggunakan jasa tersebut.
  3. Sebaiknya hubungkan akun facebook dan twitter dengan toko online yang dibuat di instagram. Jadi setiap anda upload produk, maka otomatis akan dibagikan di kedua sosmed tersebut.
  4. Selalu lakukan edit gambar yang diupload. Ingat, walaupun pelanggan butuh kualitas, tapi kesan pertama yang menarik perhatian adalah tampilannya. Dan instagram sangat canggih fitur edit gambarnya. Inilah yang disukai oleh pebisnis online.
  5. Sapalah follower secara rutin dan jangan sungkan untuk meminta mereka agar menyukai produk yang anda unggah. Seperti halnya “like” pada facebook atau retweet pada twitter, maka di instagram juga berlaku hal yang sama. Jadi produk anda akan muncul di timeline pertemanan dari followers anda.
  6. Luangkan waktu untuk melihat “teman dari followers anda”. Cari yang cukup rajin sebagai likers dan memiliki pengikut banyak. Lalu silakan follow mereka dan minta follback. Tips seperti ini sangat ampuh untuk menambah followers asli dan aktif pada akun instagram.
  7. Jika anda memiliki #blog, disarankan untuk menyertakan embeded pada postingan (jadi mirip youtube yang di pasang di blog). Teknik ini berguna karena anda dapat mengalirkan dan meningkatkan pengunjung ke toko online yang dibuat pada akun instagram. Dengan cara ini, maka anda dapat mengoptimasi postingan di blog tersebut (bukan mengoptimasi onlineshop yang ada di instagram).
  8. Tips terbaik agar bisnis online anda via instagram sukses adalah, minta kepada pembeli melakukan testimoni. Referensi dari mereka sangat efektif di dalam #promosi. Pengelolaan bisnis yang anda lakukan sangat dimudahkan dengan “iklan gratis” seperti ini. Tetapi pastikan bahwa testimoni didapatkan dari pelanggan yang sudah pernah bertransaksi lebih dari satu kali. Karena hal ini berarti toko online anda dipercaya dan dia cukup puas dengan produk yang dibeli. Yang seperti ini biasanya memberikan pernyataan yang positif.

Demikianlah tips dan cara terbaik mengelola bisnis online yang berbentuk etalase toko, yang memanfaatkan instragram. Dengan teknis di atas, diharapkan anda sukses memiliki usaha via internet. Penggunaan sosial media ini merupakan peluang bisnis tanpa modal karena anda tidak perlu membayar untuk membuat akun dan berjualan di sana.