peluang bisnis

Syarat Program Take Over Kredit Mobil

oper alih kredit

Salah satu program gadai yang banyak dicari adalah take over kredit. Layanan ini memiliki syarat yang sebenarnya cukup ketat dibanding dengan program pegadaian reguler yang bpkb-nya tersedia. Dan ini jarang diketahui oleh masyarakat. Apa dan bagaimana konsep layanan serta syarat take over kredit mobil ini? Mari kita bahas secara tuntas agar anda memahami dengan detail atas produk pinjaman yang diminati oleh banyak orang ini.

Mengacu informasi pada portal Tuas D yang memberikan penawaran gadai bpkb mobil di Jakarta, mereka juga menyediakan program pengalihan leasing ini. Dan seperti yang tertulis di website itu serta sumber beberapa perusahaan pembiayaan lain, persyaratan khusus di luar program reguler untuk take over leasing adalah sebagai berikut:

  1. Tahun minimal 2009.
  2. Sudah jalan cicilan di leasing sebelumnya minimal 70%.
  3. Tidak pernah terlambat dalam pembayaran angsuran lebih dari 20 hari keterlambatannya.
  4. Bukan untuk mengecilkan angsuran akibat keberatan atas besarnya angsuran di leasing sebelumnya (menurunkan nilai angsuran).
  5. Wajib melampirkan rekaman bukti pembayaran cicilan (history record payment).

Pinjaman gadai take over bpkb masih kredit tersebut memiliki kelima persyratan yang wajib dipenuhi seperti yang tertera di atas.oper alih kredit

Penjelasan Syarat Take Over

Adapun penjelasan atas masing-masing syarat untuk pinjaman yang bersifat khusus ini adalah sebagai berikut:

Batasan tahun

Di atas disebutkan bahwa syarat tahun minimal untuk taking over kredit di leasing mobil adalah 2009. Ini berbeda dengan program gadai reguler yang biasanya mengijinkan usia kendaraan lebih tua.

Keputusan syarat tahun ini ditetapkan karena pembagian pencairan dana pada dua pihak. Yaitu pelunasan kredit di leasing sebelumnya, serta dana segar untuk nasabah pemilik mobil. Jadi butuh dana yang cukup besar. Pencairan dana yang besar ini hanya bisa terjadi jika usia kendaraan belum terlalu tua.

Sudah Jalan Minimal 70%

Ini menjadi syarat yang mutlak, karena proses gadai bpkb take over mobil harus menyisakan dana segar kepada nasabah. Jika sisa hutang kredit di leasing sebelumnya lebih tinggi dari pencairan di leasing baru, maka tidak dapat diproses. Itulah sebabnya biasanya program take over mobil ini dimanfaatkan oleh debitur dengan sisa tenor tinggal beberapa bulan lagi.

Tidak Terlambat > 20 Hari

Ketentuan ini sangat mutlak karena keterlambatan pembayaran adalah cerminan dari kondisi keuangan nasabah. Jika sering telat lebih dari 20 hari, maka besarnya angsuran take over harus lebih kecil dari cicilan sebelumnya. Ini berarti pinjaman yang dilakukan harus diturunkan pencairannya.

Bukan Untuk Menurunkan Nilai Angsuran

Teknis ini biasanya dilakukan dengan memperpanjang tenor. Masalahnya, jika nasabah memiliki tujuan seperti itu, maka dipertanyakan kondisi keuangannya. Inilah sebabnya, program ini tidak bisa digunakan oleh debitur untuk reschedule cicilan. Mungkin nasabah terlalu terbuai oleh rayuan dari marketing dealer saat membeli mobil sehingga tidak memperhatikan secara detail perhitungan cicilan kredit. Sales counter dealer yang kurang profesional biasanya tidak menjelaskan secara detail terkait struktur kredit dan angsuran kepada calon pembeli.

History Record Payment

Inilah syarat yang paling penting jika anda ingin mengikuti program ambil alih kredit mobil. Jejak rekaman menunjukkan seberapa besar kemampuan finansial seseorang serta menunjukkan bagaimana pola pembayaran angsuran. Ujung-ujungnya seperti pada poin ketiga dan keempat, yaitu penentu persetujuan program.

Demikianlah penjelasan tentang syarat yang wajib dipenuhi jika nasabah ingin mengajukan take over kredit mobilnya. Dari penjelasan mengenai persyaratan oper alih kredit tersebut, nampak jelas bahwa sebenarnya program ini lebih ketat seleksi aproval-nya dibanding reguler pada bisnis pinjaman gadai.

Related Post

Pengertian Syarat Pinjaman Data Segaris Bagi anda yang bekerja di bank atau leasing, mungkin sudah terbiasa mendengar istilah "data segaris" pada layanan pinjaman. Tetapi mungkin masyarakat ...
Tingkatan Kesuksesan Kualitas Blog Dalam Bisnis Saya tertarik dengan pola pikir kebanyakan blogger yang menjalankan bisnis online dengan cara meraih kesuksesan kualitas situs (blog), didasari dengan...
Ide Bisnis Menarik Terkait Mobil (Otomotif) Bagi anda yang hobi otomotif, biasanya terbersit untuk mengelola bisnis terkait kesukaannya. Termasuk juga penggemar mobil. Sudah banyak pengusaha di ...
Manakah Jenis Bisnis Online Yang Kamu Sukai? Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya bahwa cara menjalankan usaha online sebaiknya dimulai dengan hal yang disukai. Setelah ini kembangkan bis...
Simulasi Gadai Mobil Avanza Lengkap Toyota Avanza adalah mobil fenomenal yang tingkat kepemilikannya sangat banyak di Indonesia. Tidak heran jika pihak pembiayaan manapun paling sering m...