peluang bisnis

Peralatan Wajib Untuk Usaha Online Basis Web

peralatan bisnis onlinealat utama bisnis online

Seharusnya sudah banyak yang mengetahui daftar peralatan wajib yang harus ada jika seseorang menjalankan usaha online dengan basis website ini. Tetapi saya melihat masih banyak yang meremehkan dan pada akhirnya bisnis yang dikelola tidak mengalami kemajuan atau perkembangan yang positif. Hanya karena termakan oleh teknologi praktis, maka mengabaikan hal-hal penting yang dapat mempengaruhi jumlah transaksi. Misalnya dengan melakukan subtitusi keberadaan komputer dengan gadget. Walaupun pengakses via mobile cukup tinggi di Indonesia, tetapi penggunaan desktop tidak dapat diabaikan. Peralatan seperti ini harus berjalan bersama bukan saling menggantikan, apalagi jika bisnis online yang dikelola menggunakan web (situs) sebagai media. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Adapun alat yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menjalankan usaha via internet adalah sebagai berikut:

  1. Komputer. Google memang menyarankan agar sebuah situs (web) dapat diakses dengan baik dengan menggunakan gadget. Tetapi tidak mengabaikan komputer. bagi pemilik usaha berbasis web tidak pernah melihat situsnya secara online di komputer, bagaimana dia bisa mengetahui kelemahannya? Sadarkah anda bisa saja situs anda berat diakses via desktop? Atau tampilan website toko online berantakan jika diakses dengan komputer sehingga pengunjung kurang respek untuk bertransaksi di situs anda? Seandainya pengunjung mencapai seribu orang per hari dan 40% menggunakan desktop, maka ada 400 orang yang melupakan situs berantakan yang anda kelola. Ini sangat berbahaya. Apalagi, masih banyak pihak yang kurang puas melakukan transaksi dengan gadget. Mungkin saat pencarian, mereka menggunakan smartphone, tetapi jika ingin bertransaksi, mereka beralih menggunakan komputer agar lebih jelas. Tindakan ini masih sering dilakukan oleh masyarakat yang tidak sering bertransaksi secara online.

    peralatan bisnis online

    Komputer adalah alat utama bisnis online

  2. Tentu saja Website. Karena topik pembahasan kita adalah basis web, maka keberadaan website mutlak dimiliki. Jika anda menjalankan usaha dengan memanfaatkan social media atau web startup yang dikelola oleh pihak tertentu, mungkin untuk jenis “produk” tidak masalah. Tetapi sebagian besar jenis usaha “jasa” masih mengandalkan penggunaan situs milik sendiri. Bagaimana membuat website yang powerfull dan seo friendly telah saya bahas sebelumnya. Pada tahap advanced, mungkin perlu juga mengembangkan usaha dengan memanfaatkan aplikasi android, ios dan BBM.
  3. Domain dan hosting. Bagi pemula, bisa saja meniadakan kedua hal ini. Tetapi bagi yang ingin usahanya maju, website dengan domain sendiri dan bahkan penggunaan hosting mutlak disediakan. Pemilihan domain dan hosting juga tidak bisa sembarangan asal pilih. Yang menarik lagi, pada salah satu kegiatan bisnis via internet yang saya jalani, yaitu usaha travel online yang saya kelola, sekarang sudah pada tahap menggunakan VPS karena pemesanan kamar hotel dan tiket pesawat mulai tinggi. Dan prosesnya menuntut performance peralatan yang maksimal. Hosting saja tidak cukup karena keterbatasan RAM. Saat situs diakses 50 orang bersamaan dalam satu waktu, maka situs travel saya langsung drop.
  4. Saluran internet. Anda tidak bisa memanfaatkan fasilitas internet gratisan (free wifi) selamanya. Jika ingin maju, anda juga harus mengembangkan saluran teknologi ini. Dulu di awal usaha, peralatan modem adalah hal yang saya siapkan dan tidak berfikir menggantinya. Tetapi setelah bisnis online saya makin maju, saya mengganti modem yang berteknologi tinggi yaitu 4G dan tidak lama kemudian berganti lagi dengan menggunakan internet kabel dengan kecepatan tinggi. Dulu, pulsa internet yang dianggarkan sebesar 100 ribu per bulan untuk modem. Sekarang, saya harus menggunakan jaringan optik dengan biaya sebesar 1,5 juta per bulan. Kalau saya bertahan seperti dahulu, maka diyakini hasilnya juga tidak akan setinggi sekarang. Percayalah.
  5. Adanya Smartphone. Alat pendukung ini bukan saja untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan saja, tetapi juga untuk melakukan akses ke website yang dikelola dan bahkan menjawab email pemesanan secara online, real time dan cepat. Saya sendiri selain memiliki ponsel cerdas, juga memiliki tablet untuk mempermudah bisnis online yang saya kelola. Kenapa harus mengeloarkan modal hingga pembelian tablet? Karena beberapa situs yang saya kelola memiliki pengunjung sekitar 25% menggunakan tablet. Sama seperti alasan poin pertama, saya perlu melakukan pengecekan sewaktu-waktu dengan tablet terhadap blog-blog yang saya kelola. Jangan pernah berfikir tidak perlu, jika bisnis anda belum besar. Takutnya, anda akan termakan pernyataan anda sendiri nantinya jika usaha online mulai mengalami kesuksesan.
  6. Notes atau buku saku. Jangan remehkan hal ini. Saya pernah alami kejadian di mana saya menggunakan email sesuai domain yang dimiliki, lalu ada trouble pada server. Semua data tidak dapat diselamatkan termasuk website dan isinya serta email yang tertanam pada hosting tersebut. Bayangkan jika saya tidak mencatat segala transaksi atau misalnya pendingan pemesanan yang belum realisasi, maka pelanggan bisa saja berfikir yang negatif. Memang, bisa saja mereka menelepon untuk menanyakan pesanannya, tetapi kalau diawali sengan “semprotan caci maki” apakah kita tahan? Bagi pengusaha offline, keberadaan agenda atau notes ini juga masih tetap tersedia walaupun dia sudah menggunakan teknologi canggih.

Saya rasa keenam alat bantu yang saya sebutkan di atas sudah cukup untuk tingkat usaha kecil hingga menengah pada bisnis online berbasis web. Pada tingkatan di atasnya, masih banyak lagi yang harus disediakan hingga kadang pada type usaha online tertentu membutuhkan server tersendiri demi keamanan dan kemudahan akses data.