peluang bisnis

Pengertian Internet Marketing dan Lingkup Kerja

pemasaran online

Salah satu kegiatan yang berkembang pesat di Indonesia adalah internet marketing. Kegiatan ini memiliki pengertian yang cukup luas termasuk ruang lingkup kerjanya. Dan secara umum, definisinya tidak berbeda dengan pemasaran versi dunia nyata (offline), hanya berbeda media dan lokasi market yang dibidik. Jika anda mencari informasi dan arti dari bidang ini di mesin telusur (google), maka sebagian besar memiliki pembahasan yang sama. Jika anda ingin sukses mengelola bisnis melalui internet, maka jangan pernah meninggalkan bidang marketing online ini. Berikut informasi penting tentang pengertian dan hal-hal yang tercakup di dalamnya.

Definisi Bebas

Sengaja saya ingin mengulas arti dari marketing internet dengan bahasa umum dan sederhana yang mudah dipahami. Saya bukan manusia teoritis yang menerjemahkan suatu pengertian secara ilmiah, dengan alasan agar orang awam mudah mengerti. Secara sederhananya, kegiatan ini berarti seluruh usaha pemasaran yang dilakukan demi keberhasilan bisnis secara umum yang memanfaatkan media internet. Sisi berhasil di sini bukan saja terhadap terjadinya transaksi barang dan jasa saja, melainkan juga di dalam pemilihan nama dan menanamkan brand image domain, serta pertumbuhan ke arah positif suatu bisnis.

Usaha Terkait

Dari definisi yang tersedia, nampak jelas bahwa subyek perusahaan yang dapat memanfaatkan kegiatan marketing internet adalah:

Ruang Lingkup

Adapun ruang lingkup kegiatan internet marketing sesuai dengan pengertiannya berarti memanfaatkan sarana media online. Medianya bisa saja berupa website bisnis, social media maupun email pemasaran. Jika dalam dunia nyata, seorang marketer bertanggung jawab di dalam perburuan (pencarian) market place bahkan bila perlu menciptakannya, maka dalam bidang online juga melakukan hal yang sama yang disebut market space. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan mencakup:

  • Segala proses promosi online yang efektif. Promosi bisa saja terkait dengan penjualan maupun branding saja. Dan di dalam proses ini ada tiga hal yang sering dilakukan, yaitu: Search engine optimization (SEO), social media optimization (SMO) serta advertising.
  • Rancangan penjualan produk dan jasa yang menarik. Kemasan bahasa promosi yang menarik termasuk dalam lingkupnya.
  • Kerjasama pada pihak ketiga baik yang memiliki tipe bisnis yang saling mendukung maupun yang berbeda sama sekali. Tipe bisnis yang senada dapat berarti pengembangan keagenan (bisnis afiliasi dan reseller). Sedangkan yang dimaksud patnership yang berbeda sama sekali yang mengemas program penjualan bersama. Misalnya: Memberikan harga khusus penjualan tiket pesawat yang digabungkan dengan penjualan kamar hotel.
  • Strategi pricing. Dalam hal ini rancangan program diskon dan penentuan waktu yang tepat juga termasuk.
  • Segmentasi market. Fokus pada pasar yang sesuai maupun terkait.
  • Transaksi penjualan barang dan jasa.

Dari seluruh penjelasan di atas, sangat jelas bahwa kegiatan seorang marketer bukan saja melulu memikirkan sales booked via internet saja. Berdasarkan pengertian yang saya sampaikan, bidang marketing online juga turut bertanggung jawab atas keberhasilan memperkenalkan usaha, serta berperan aktif di dalam pertumbuhan bisnis.