peluang bisnis

Rahasia Peluang Usaha Penjualan Tiket Pesawat Online

peluang usaha tiket pesawatbisnis tiket pesawat online

Di dalam menjalankan bisnis travel agent, salah satu kegiatan yang sudah jamak adalah mencoba peluang usaha melalui penjualan tiket pesawat secara online. Bahkan mungkin banyak pihak yang hanya melakukan kegiatan ini saja, sebagai bagian dari mencari penghasilan sampingan. Pada artikel peluang bisnis travel agen yang pernah saya tulis, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Dan salah satunya melakukan proses reservasi dan issued tiket pesawat secara online. Anda tertarik mencobanya? Berikut rahasia praktek pelaksanaannya.

Adapun alasan tepat memilih jenis usaha ini disebabkan karena:

  • Biasanya modal yang diperlukan tidak besar, bahkan sebagian pengusaha menawarkannya secara gratis. Istilah kerennya merupakan peluang usaha tanpa modal.
  • Mudah dijalankan. Peluang bisnis tiket pesawat online ini tidak menyita waktu jika anda menggunakan blog atau situs yang menerapkan sistem, bahwa konsumen bisa melakukan pencarian kursi maskapai secara real time, hingga pada proses issued tiket. Anda perlu menanyakan apakah tersedia widget seperti ini? Jika tidak, berarti anda butuh waktu khusus melakukan prosesnya.
  • Kebutuhan yang cukup tinggi. Dalam era yang maju dan serba cepat seperti sekarang ini, pesawat adalah media transportasi yang memiliki market cukup luas. Para pebisnis, pemimpin perusahaan, wisatawan, dan bahkan orang dalam kondisi urgent adalah pasar yang bisa dibidik.
  • Jangan kuatir tidak laku. Peluang bisnis online ini paling tepat dijalankan oleh anda, yang dalam setahun menggunakan pesawat sebagai alat transportasi. Artinya, jika tidak ada pembeli, deposit yang sudah terlanjur disetor dapat digunakan sendiri.

Atas dasar hal-hal yang saya sebutkan di atas, maka peluang usaha ini seharusnya meningkatkan rasa penasaran anda untuk dilakukan. Adapun beberapa hal yang perlu anda ketahui di dalam pelaksanaan bisnis tiket pesawat ini adalah:

  • Bagaimana status anda sebagai pelaku usaha online, anda sebagai patner khusus, pelaku afiliasi atau agen?
  • Bagaimana pendaftarannya, apakah gratis atau menggunakan modal? Jika tidak gratis, apakah status dana yang disetor berupa syarat pendaftaran atau deposit pembelian tiket pesawat online?
  • Bagaimana pembagian keuntungan untuk pelaku peluang usaha ini? Ada beberapa pihak yang menetapkan full komisi untuk tiket yang berhasil dijual atau sistem pembagian keuntungan 50:50 atau 70:30. Anda perlu memastikan hal ini. Ada pihak yang menawarkan sistem fee dengan full komisi NTA (Nett to Agent) atau prosentase dari Basic fare, yang biasanya sekitar 5%.
  • Adakah sistem target dalam penerapannya? Jangan terburu-buru senang dahulu jika pengelola mengatakan “tidak”. Apabila mereka menerapkan sistem komisi penjualan tiket pesawat secara online dengan fee berjenjang (progresif) atau pembagian komisi didasarkan oleh jumlah modal yang disetor, itu artinya anda ditarget secara tidak langsung. Mau tidak mau, anda akan berfikir bagaimana caranya agar modal setor mengalami break event point lalu barulah berfikir bagaimana meraih keuntungan.
  • Rahasia terbesar yang perlu anda ketahui pada bisnis penjualan tiket maskapai penerbangan ini adalah adanya bonus target dan blind bonus dari maskapai itu sendiri. Jadi jika ada peluang binis online ticketing yang menerapkan sistem pembagian keuntungan atau berbayar, bisa saja pelakunya mungkin bukan pihak secara langsung yang berhubungan dengan maskapai pesawat (mitra airlines). Tetapi hal ini merupakan bagian dari konsep multi level marketing (MLM) karena mereka ditarget oleh mitra airlines.
  • Sebaiknya pelajari beberapa provider yang menawarkan kerjasama travel tiket online ini. Jangan pernah terjebak pada praktek monopoli yang mungkin saja ternyata pemainnya hanya itu-itu saja. “Second opinion” adalah hal penting yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk bekerjasama.

Setelah kita mempelajari konsep bisnis penjualan tiket seperti yang dipaparkan di atas, saatnya anda perlu memahami cara penjualan tiket pesawat secara online. Menjalankan peluang usaha ini dapat dilakukan dengan berbagai teknis diantaranya:

  1. Manfaatkan widget pencarian secara otomatis dan realtime. Hal ini bisa diterapkan jika pengelola memberikan widget khusus yang dapat diletakkan pada situs yang dibuat. Jika tujuan anda mencari penghasilan tambahan (usaha sampingan) tanpa perlu repot melakukan booking dan reservasi manual, maka carilah provider yang menerapkan teknik ini. Biasanya, blogger yang mencari penghasilan adsense juga mencoba menjalankan peluang ini. Makanya, pemilihan niche terkait seperti wisata merupakan tema populer yang relevan dengan usaha tiket pesawat.
  2. Manfaatkan sosial media sebagai alat pemasaran online bisnis yang dikelola. Kunci utamanya, anda wajib memiliki banyak follower real bukan bot ya..
  3. Jadilah kreatif dan inovatif. Anda bisa mengkombinasikan dengan program atau peluang usaha lain. Misalnya menjual kamar hotel plus tiket pesawat dan berilah diskon khusus.
  4. Jika anda hanya diberikan akses manual booking, yang artinya calon pelanggan anda hanya bisa memanfaatkan jasa anda mencarikan tiket pesawat, maka sebaiknya menjual secara nett. Lalu bagaimana dengan keuntungan? Anda bisa menerapkan tarif jasa pencarian, seperti yang sekarang ini banyak terjadi. Biasanya sekitar 25,000 – 30,000 rupiah per penumpang sekali jalan. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Karena persaingan dalam bisnis ini sangat ketat. Mitra airlines biasanya memberikan kemudahan auto search pada pengunjungnya, apakah anda bisa melawan kemudahan seperti ini?
  5. Usaha online ticketing ini pada waktu-waktu khusus perlu “bermain volume” karena moment khusus yang biasanya memiliki permintaan tinggi. Saat high season, peak season maupun hari raya adalah moment khusus yang saya maksud. Tidak heran jika waktu seperti ini banyak pengusaha sampingan yang bermunculan. Contohnya saat lebaran. Bisnis tiket pesawat adalah salah satu peluang usaha menjelang Idul Fitri yang banyak dilakukan oleh blogger maupun karyawan yang mencari penghasilan tambahan.

Cukup lengkap dan menarik, bukan? Sudah siap memiliki bisnis tiket pesawat? Prinsipnya, peluang usaha ini dapat anda lakukan secara online maupun offline. Rahasianya hanya pada faktor kegigihan, ulet, kreatif dan kesiapan waktu anda di dalam pengelolaannya yang perlu diatur se-efektif mungkin, yang akan mempengaruhi kesuksesan anda.

Related Post

12 Niche Blog Yang Berpenghasilan Adsense Tinggi Dalam menjalankan hobi blogging, banyak pihak yang menggunakan kesempatan sekaligus untuk meraih penghasilan dari google adsense. Dan salah satu strat...
Cara Meningkatkan Trust Pada Online Store Yang Dik... Bagi pemilik usaha berbentuk online store, faktor trust (kepercayaan pelanggan) adalah salah satu hal yang perlu ditingkatkan dan bahkan dianggap suli...
Kelola Market Space Trend Usaha Online Sukses Jika anda melihat para pebisnis yang menjalankan usaha online yang sukses, biasanya mereka mengelola market space dengan benar. Memang ada banyak "jal...
Cara Gratis Meningkatkan Jumlah View Pada Youtube Di media internet, sudah banyak yang mengulas cara-cara untuk meningkatkan jumlah view pada video yang diunggah secara gratis dan sebagian yang akan s...
Saya Tidak Peduli Perubahan Blogspot.com ke Blogsp... Hari ini semenjak siang jam 15.00 waktu di Indonesia, google melalui groupnya melakukan perubahan radikal terhadap extension domain blogspot.com menja...