peluang bisnis

12 Niche Blog Yang Berpenghasilan Adsense Tinggi

niche blog populer

Dalam menjalankan hobi blogging, banyak pihak yang menggunakan kesempatan sekaligus untuk meraih penghasilan dari google adsense. Dan salah satu strategi monetise adalah dengan melakukan fokus niche pada blog. Karena hal ini diyakini berpeluang menghasilkan dollar yang tinggi. Jika publisher pemula biasanya berfikiran untuk menulis apa saja, yang penting banyak pengunjung (multi niche), maka berkebalikan dengan publisher yang sudah berpengalaman dalam bidang adsense, biasanya memilih strategi tema tunggal atau istilahnya, single niche, pada blog yang dikelola.

Seperti kita ketahui bersama, nilai CPC dan jumlah klik iklan cukup tinggi jika sumber pengunjung datang dari search engine (penelusuran organik). Hal ini disebabkan karena kehadiran mereka memang membutuhkan informasi seperti tulisan yang terkait. Jadi jika pengunjung tersebut membaca artikel yang dibutuhkan dan saat itu terdapat iklan yang relevan, maka kemungkinan besar akan melakukan klik iklan. Dan agar strategi ini tercapai, maka perlu teknik seo yang tepat yaitu fokus pada satu tema saja. Silakan lihat situs-situs bisnis yang homepage-nya berada di halaman pertama google. Pasti mereka single niche, bukan? Dan itulah esensi cara optimasi terbaik, yang mengisi blog atau website dengan konten yang relevan satu sama lain.

Adapun strategi pemilihan niche pada blog yang cukup popular di kalangan blogger pelaku adsense sehingga memberikan penghasilan yang tinggi adalah dengan menggunakan data keyword planner. Dan yang paling bagus adalah sebagai berikut (setting bahasa dan target Indonesia):

  1. Niche wisata. Rasanya, pemain seo senior banyak yang bermain di tema ini. Apalagi memiliki blog yang terkait pariwisata ini memiliki banyak peluang menghasilkan pendapatan. Bukan hanya adsense saja, tetapi situs yang dikelola juga bisa menyewakan slot iklan pada travel agent, rental mobil, hotel dan maskapai. Selain itu, blog dengan niche wisata juga dapat digunakan oleh internet marketter sebagai “ladang” menjalankan peluang usaha travel.
  2. Niche bisnis. Ada dua jenis yang biasanya dikelola oleh blogger. Yaitu situs dengan tema bisnis secara umum maupun khusus pembahasan bisnis online. Tetapi sebagian besar publisher adsense mengulas kombinasi keduanya.
  3. Blog dengan tema hosting. Konsep yang sering dilakukan oleh blogger adalah membuat tutorial maupun situs diskusi tentang hosting baik dalam tahap pemula, menengah mapun expert. Biasanya, niche ini selain digunakan untuk meningkatkan penghasilan adsense yang super tinggi (silakan cek keyword planner), juga terkait dengan penjualan produk hosting. Salah satu artikel populer yang biasanya ditulis pada blog tersebut adalah cara memilih hosting yang bagus. Saya sendiri juga ikut-ikutan membuat tulisan serupa di kotausaha.com ini.
  4. Blog niche kesehatan. Sebenarnya tema ini tidak terlalu tinggi nilai adsense-nya. Tetapi jumlah pemasang iklan yang sangat banyak, disertai luasnya tema pembahasan yang dapat ditulis, maka banyak blogger yang memanfaatkannya untuk mendulang dollar berlimpah. Pada niche ini terjadi pemisahan yang dilakukan yaitu terkait materi obat-obatan herbal, tips perawatan kesehatan, dan pembahasan tentang kecantikan dan kosmetika.
  5. Topik tentang otomotif. Belakangan ini, dunia otomotif di Indonesia mulai melakukan promosi via media online, terutama di kota-kota besar. Para eksekutif muda yang mereka bidik pasti memiliki ponsel cerdas yang setiap hari digunakan untuk berselancar di dunia maya. Makanya kesempatan ini tidak disia-siakan oleh pemilik blog publisher untuk mencari penghasilan adsense yang tinggi melalui niche otomotif. Sebagai bukti bahwa topik ini cukup “empuk”, silakan lihat situs berita yang besar, pasti memliki kategori, sub domain bahkan situs khusus yang mengelola konten otomotif.
  6. Tema tentang Property. Coba anda perhatikan, pada niche perumahan atau property lainnya, pasti posisi SERP-nya sering berubah. Ini merupakan indikasi betapa ketat persaingan di niche blog jenis ini. Bahkan tidak jarang publisher yang menggunakan teknik AGC yang dilarang oleh google. Dalam satu jam, situs yang melakukan update berjumlah puluhan hingga ratusan. Pada tema property, teknik seo kurang berperan karena pencarian oleh pengunjung biasanya pada penelusuran mingguan atau bulanan. Jika umur postingan lebih dari 3 bulan, maka biasanya property sudah laku. Makanya untuk memperkuat posisi persaingan, sebuah blog bisa melakukan update lebih dari 5 posting. Penghasilan adsense pada niche ini cukup menggiurkan para blogger. Saya sendiri kurang suka bersaing pada tema blog seperti ini. Karena kesibukan saya yang lain, saya tidak bisa rutin update artikel setiap hari.
  7. Tutorial seo. Biasanya para pemain adsense senior, memiliki kemampuan optimasi. Dan tidak sedikit yang membuat tutorial seo. Ada yang memang berniat berbagi ilmu, tetapi cukup banyak juga yang sebenarnya mengincar penghasilan tinggi dari iklan seo. Bagi para pemasang iklan, nilai adwords pada bisnis ini sangat tinggi. Dan ini merupakan peluang meraih pendapatan besar bagi blogger.
  8. Tema teknologi gadget. Persaingan pada niche ini sangat tinggi. Banyak pengusaha yang mencadangkan biaya promosi khusus pada adwords. Apalagi, setiap bulan bermunculan gadget model terbaru. Hal ini sangat disukai oleh pemilik blog yang memonetise situsnya melalui adsense. Anda tertarik untuk bergabung pada niche ini? Saran saya, buatkan spesifikasi produk yang detail. Itulah kunci utamanya.
  9. Niche Asuransi. Jika anda mahir menulis dalam bahasa Inggris dan paham tentang dunia asuransi, sebaiknya menulis tema ini. Di dunia, pencarian informasi asuransi sangat tinggi dan nilai iklannya adalah yang terbaik (tentu saja bagi blogger pelaku adsense). Tapi pesaingnya juga super ketat. Jika bidikan anda berbahasa Indonesia, nilainya tidak terlalu besar karena tidak banyak perusahaan asuransi yang beriklan.
  10. Topik tentang game online. Jenis niche blog seperti ini biasanya memiliki tingkat kunjungan blog yang sangat tinggi, walaupun hasil per klik adsense tidak besar. Pada jenis ini, volume klik iklan adalah yang dicari oleh publisher. Biasanya pelaku yang fokus menggarap tema ini juga suka bermain game online, bahkan merupakan developer yang merancang permainan. Jadi selain berharap melalui iklan adsense yang dipasang, mereka juga berjualan aplikasi android untuk game.
  11. Thema download aplikasi android. Niche ini terfokus pada android saja, karena terkait dengan produk tersebut memang milik google. Apalagi jumlah penggunanya cukup tinggi di dunia. Bagi publisher adsense pemula, jangan coba-coba membuat niche download lagu, film atau software. Akun adsense anda akan di banned oleh google karena terkait pelanggaran hak cipta.
  12. Tema Portal Berita. Walaupun nilai adsense tidak tinggi, tetapi volume kunjungan pada blog dengan niche seperti ini sangat fantastis. Dan variasi iklan sangat beragam sehingga potensi terjadinya peningkatan hasil sebagai publisher cukup besar. Memang, blogger kurang suka bermain di tema ini karena “pemain kaliber” sangat mendominasi. Dan biasanya mereka juga memiliki koran berita bahkan stasiun tekevisi. Kunci sukses dari situs berita seperti ini adalah kecepatan posting, dan meraih brand image domain yang kuat. Jika anda pemula dan tidak memiliki team khusus penulis berita, saya sarankan hindari tema ini.

Demikian informasi 12 niche blog yang berpotensi memberikan penghasilan yang tinggi bagi publisher adsense. Kebayakan para pemain memiliki situs lebih dari satu tema, guna memperbesar hasil dollar yang diperoleh. Di samping itu, dengan memiliki lebih dari satu situs, update posting bisa bervariasi dan tidak mengalami kebuntuan ide tulisan.

Related Post

Cara Melakukan Taksasi Harga Mobil Pada Bisnis Pin... Sebagai debitur yang ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan bpkb mobil, maka perlu mengetahui harga taksasi kendaraan yang dimilikinya. Ini merupaka...
Cara Memilih Hosting Yang Tepat Tutorial ini saya sajikan atas dasar banyaknya pertanyaan yang terkait cara tepat memilih paket hosting untuk bisnis, yang sering dikeluhkan pemilik w...
3 Tempat Gadai Motor Populer di Indonesia Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mendatangi layanan pengadaian dianggap suatu solusi terhadap kebutuhan keuangan dalam kondisi mendesak. Dan ...
8 Cara Gratis Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Bagi seseorang yang hobi menulis blog, meningkatkan jumlah pengunjungnya dengan cepat dan gratis adalah hal yang dicari caranya. Bahkan banyak yang be...
Pengertian Internet Marketing dan Lingkup Kerja Salah satu kegiatan yang berkembang pesat di Indonesia adalah internet marketing. Kegiatan ini memiliki pengertian yang cukup luas termasuk ruang ling...

2 Comments on "12 Niche Blog Yang Berpenghasilan Adsense Tinggi"

  1. saya kayaknya tema cerpen masuk ke literasi kayaknya

    hem… jadi itu kecil banget ya penghsilannya kalau pake adsense

    • Nelson Sitompul | 01/07/2015 pada 16:30 |

      Ya selama blog tidak terkait bisnis memang kecil.. tapi masih bisa diakali koq.. asalkan traffic tinggi, kamu bisa bikin chanel khusus misalnya kosmetik.. maka hasil bisa tinggi.. karena pengunjung blog cerpen itu khan umumnya cewek..

Komentar ditutup.