peluang bisnis

Merebaknya Bisnis Gadai BPKB di Kota Jakarta

gadai bpkb mobil
Pinjaman Tunai Gadai BPKB

Beberapa waktu yang lalu, saya dihubungi oleh teman yang sekarang bekerja di sebuah perusahaan agency pembiayaan. Namanya Layanan Siduit. Perusahaan ini merupakan marketing distribution dari beberapa bank terkenal dan bahkan ada yang merupakan perbankan milik pemerintah dan perusahaan leasing. Tugas team Siduit start awal memasarkan gadai BPKB truk dan mobil di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sebenarnya produk yang ditawarkan cukup banyak, termasuk pinjaman dana tunai dengan agunan sertifikat rumah, dana talangan serta gadai surat kendaraan sepeda motor. Saya dengar, mulai bulan Januari 2016, perusahaan ini akan melayani kredit uang hingga seluruh Indonesia. Dan bisnis peminjaman ini sudah merebak cukup luas khususnya di ibukota.

gadai bpkb jakarta

Pinjaman Tunai Gadai BPKB

Ada hal yang menarik yang berhasil saya dapatkan dari teman saya yang mengelola bisnis pegadaian BPKB kendaraan ini. Saat saya datang ke kantornya yang ada di Jakarta, dia menceritakan bahwa fokus pemasaran yang dilakukan adalah mengusai media internet. Usaha ini akan meluas ke seluruh Indonesia dengan teknik pemasaran pinjaman online. Pihak customer hanya perlu menghubungi mereka via telepon, SMS atau form di website mereka, lalu setelah anda setuju dengan perkiraan pencairan dana atas agunan BPKB kendaraan bermotor yang anda miliki, maka mereka akan mengirimkan team survey ke rumah anda. Team ini adalah langsung dari pihak bank maupun leasing yang berada di sekitar rumah anda. Sungguh suatu layanan yang memanjakan konsumen karena nyaman tanpa perlu keluar rumah.

Fenomena pertumbuhan bisnis pinjaman uang secara tunai dengan menggadaikan BPKB mobil atau motor yang merebak di Jakarta ini sangat menguntungkan masyarakat. Yang penting anda dapat mencermati dengan siapakah anda berhubungan. Jika anda mengajukan pinjaman uang dengan jaminan surat resmi mobil ke perusahaan seperti Siduit, sudah pasti agunan anda akan aman. Karena bukan mereka yang menyimpan jaminan BPKB tersebut. Tetapi pihak bank atau leasing yang menjadi patner mereka. Selain itu, surat berharga yang digadaikan juga tidak dikirim ke Jakarta, tetapi di simpan di cabang terdekat dengan kota anda. Saat saya cek website-nya, mereka pun sangat memperhatikan unsur yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan bisnis via online. Silakan cek di google map, cantuman bisnis merekapun juga terverifikasi di sana.

Permasalahan tentang bisnis gadai yang sering terdengar adalah jika anda mengajukan kredit dana tunai ke pihak institusi non legal. Nama usaha yang tidak jelas, tidak pernah berpromosi dan bahkan untuk bertemu dengan pihak penerima gadai selalu dilakukan di tempat yang tersembunyi. Penerapan bunga (interest rate) yang tidak wajar juga merupakan ciri-ciri dari usaha ilegal ini. Fenomena permintaan (demand) atas pinjaman dana yang cukup tinggi dimanfaatkan oleh orang tertentu untuk dapat menguasai BPKB yang anda agunkan.

Lalu bagaimana kita harus menyikapi tentang penipuan yang sering terjadi di bisnis ini? Caranya cukup mudah. Anda tidak perlu menghindari transaksi pinjaman uang secara online. Biar bagaimanapun, keberadaan media internet sangat membantu dan positif. Yang penting, perhatikan saja, apakah mereka bekerjasama dengan pihak resmi dalam bisnis gadai ini atau tidak. Cek aja saat datang melakukan survey. Di kota Jakarta yang mengalami kemacetan di mana-mana, alangkah baiknya anda membiarkan saja team survey yang datang ke rumah anda. Saat mereka datang, tanyakan saja kartu identitas petugas mereka. Dan sebaiknya, jangan sekali-kali menyerahkan jaminan BPKB mobil atau motor yang ingin digadaikan sebelum mereka menyatakan secara resmi bahwa pengajuan anda disetujui. Sebaiknya, penyerahan agunan ini dilakukan di kantor resmi mereka.

Dengan tips yang saya sampaikan di atas, anda tidak perlu kuatir terjadi tindak penipuan berkedok bisnis gadai BPKB seperti yang sering terjadi di Jakarta. Penyerahan agunan yang dilakukan di kantor bank maupun leasing yang ditunjuk adalah kunci utama pengamanan asset surat kendaraan anda.

Oh ya, sekaligus pada kesempatan ini, saya ingin memberitahukan kepada pembaca bahwa Siduit.com membuka peluang bisnis menjadi agent mereka dengan memasarkan jasa pinjaman uang online sistem gadai BPKB dan sertifikat rumah. Kesempatan ini terbuka bagi anda yang berdomisili di Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi dan Bogor. Ini merupakan peluang usaha yang juga menarik selain bisnis travel agent online, seperti yang saya tulis sebelumnya. Nampaknya memasarkan jasa via internet lebih menggiurkan daripada memasarkan produk, yah..