peluang bisnis

Mengapa Toko Online Saya Sulit Dioptimasi?

cara optimasi toko online

Pertanyaan tentang sulitnya sebuah toko online dioptimasi untuk meraih kemenangan di beberapa kata kunci penelusuran ini, sering muncul dalam forum diskusi maupun klien dan rekanan seo yang menelepon ke saya. Bahkan bagi beberapa layanan pengoptimalan website secara terang-terangan menolak order pengerjaan seo untuk toko online. Saya sendiri termasuk orang yang selektif di dalam menangani website jenis ini. Dan sebenarnya, bukan masalah sulit atau tidak, tetapi memang ada banyak hal yang caranya salah dan tidak dapat diperbaiki. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan saya.

Adapun hal-hal yang terkait seo yang menyebabkan situs jualan online dengan etalase di bagian homepage (toko) tidak bisa optimal diantaranya:

  1. Struktur website. Sebagian besar pebisnis via internet membuat website kepada pihak developer dengan cms bikinan sendiri. Dan sangat jarang yang mengikuti perkembangan teknik pengoptimalan toko online dan malah mengutamakan tampilan semata. Pada bagian struktur, banyak hal yang salah dan pihak seo tidak diberi akses untuk masuk ke html untuk melakukan revisi. Misalnya pada pengaturan struktur H1, H2, H3, H4, H5, dan H6. Selain itu, kebanyakan toko online juga hanya disediakan menu navigasi yang bersifat statis dan dibatasi jumlahnya. Padahal google selalu menghimbau agar navigasi website harus sejelas dan selengkap mungkin. Jika ingin menambah blog artikel saja, kadang diminta menambah bayaran lagi oleh developer web.
  2. Keterbatasan cara pembuatan artikel pendukung. Memang prinsip sebuah toko online itu adalah mengutamakan gambar. Tetapi jika isinya hanya gambar semata, maka dijamin tidak bakal meraih posisi optimal. Anda harus ingat bahwa google berupa mesin, bukan manusia yang melihat dengan mata. Jadi jika tanpa informasi tulisan, bagaimana caranya bisa menilai situs anda berguna?
  3. Terkait dengan poin pertama dan kedua, maka gambar yang sudah terlanjur di upload tidak dapat dioptimasi karena cara revisi penamaan file image dan alt tag tidak dapat dilakukan karena HTML terkunci dan hanya developer yang bisa akses.
  4. Adanya upaya promosi gratisan dari pihak developer yang sengaja meletakkan beberapa link menuju situsnya dan bersifat dofollow. Saya cukup heran dengan teknik ini, karena konsumen sudah disuruh bayar biaya pembuatan website toko online, masih pula ditumpangi link yang caranya berbahaya bagi seo. Mereka tidak paham bahwa linkout akan memperberat dan bahkan tidak bisa membuat sebuah situs menjadi optimal di penelusuran. Kalau pelanggan diberi fasilitas web gratis, wajarlah jika ditumpangi iklan dan link.
  5. Tidak bisa didaftarkan ke google webmaster (search console). Toko online seperti ini biasanya hanya bisa dioptimasi dengan beriklan bukan dengan pengoptimalan penelusuran. Coba anda buka di halaman webmaster google, pada bagian slogannya sudah sangat jelas tertera: “Anda ingin ditemukan di google? Kami menawarkan tangan”. Artinya syarat pertama agar toko online anda bisa ditemukan di penelusuran, maka caranya harus didaftarkan di webmaster tools. Dan itu butuh mencangkokkan kode html pada bagian <head> atau upload kode ke hosting melalui cpanel. Dan langkah selanjutnya adalah memasukkan peta situs (sitemap). Sebagian developer tidak mempedulikan hal ini atau jangan-jangan tidak tahu?
  6. Kebanyakan pemilik toko online tidak melakukan resize ukuran gambar (<100kb) sehingga loading websitenya sangat berat. Pahami bahwa isu seo yang digemborkan oleh google saat ini adalah pagespeed yang optimal. Jika ingin diulang dengan ribuan gambar, mana ada jasa seo yang tahan cara menanganinya?
  7. Toko online tidak mengadopsi template responsive. Ingat, beberapa waktu yang lalu, google telah menurunkan posisi situs yang tidak mengadopsi mobile respon.
  8. Faktor rutinitas pengisian situs jualan. Pemilik website seperti ini sebagian besar mengisi gambar-gambar produk sekaligus tanpa mengatur waktunya. Jika misalnya ada 20 produk baru, maka dalam waktu satu hari semuanya dimasukkan. Lalu setelah itu masa vacum tanpa melakukan update 2 hingga 3 bulan. Cara ini sangat berbahaya di dalam teknik optimasi. Toko online tidak bisa diperlakukan seperti itu. Sama halnya dengan pengisian artikel dalam pembuatan blog, maka rutinitas adalah kunci utama. Update sehari sekali atau seminggu sekali atau sebulan dua kali adalah hal yang berguna, daripada sehari langsung update produk 20 macam lalu berbulan-bulan tanpa melakukan pengisian. Kadang jasa seo mengakali dengan merapikan tanggal pada postingan, tetapi hal itu terbatas pada website yang bisa memberi akses ke HTML-nya.
  9. Tidak dapat mengoptimalkan website jenis toko online karena banyaknya script yang ditanamkan yang sangat mempengaruhi loading. Hal ini juga sebenarnya bisa ditangani oleh perusahaan seo, tetapi jika ada akses ke bagian HTML seperti pada poin pertama di atas.

Dari uraian penjelasan di atas, memang terkesan bahwa yang sudah terlanjur maka sulit cara pengoptimalannya, bahkan tidak bisa. Yang saya heran, sebagian developer toko online yang terganjal sembilan poin di atas adalah yang menjual produknya dengan harga tinggi hingga puluhan juta rupiah. Sungguh disayangkan kejadian ini. Padahal, jika customer tahu, sembilan poin tersebut bisa diatasi jika anda membuat website dengan wordpress yang sangat murah biayanya, bahkan gratis karena anda hanya perlu membayar hosting dan domainnya saja. Template situs jualan sudah tersedia tanpa perlu membayar lagi.

Related Post

Mengapa Tidak Banyak Pegadaian Sertifikat Rumah? Pertanyaan tentang keberadaan layanan jasa pegadaian dengan agunan sertifikat rumah, tanah maupun ruko yang tidak banyak di Indonesia ini muncul di gr...
Saya Tidak Peduli Perubahan Blogspot.com ke Blogsp... Hari ini semenjak siang jam 15.00 waktu di Indonesia, google melalui groupnya melakukan perubahan radikal terhadap extension domain blogspot.com menja...
Tips Agar Pinjaman Kredit Disetujui Banyak orang yang mengeluh karena pengajuan pinjamannya sering ditolak. Bahkan pada sebuah leasing resmi yang dikenal agresif di market dan sedang dal...
Jenis Agunan Yang Bisa Dijaminkan di Leasing Kita masih membahas tentang tempat gadai dan kali ini saya ingin mengulas jenis agunan yang bisa dijaminkan. Sumber referensi saya adalah situs pinjam...
Apakah Kondisi Jaminan Mempengaruhi Persetujuan Ga... Beberapa waktu yang lalu ada seseorang yang menghubungi saya dan mengajak diskusi terkait kondisi agunan. Dia menanyakan perihal kondisi jaminan yang ...