peluang bisnis

Tingkatan Kesuksesan Kualitas Blog Dalam Bisnis

kualitas blog

Saya tertarik dengan pola pikir kebanyakan blogger yang menjalankan bisnis online dengan cara meraih kesuksesan kualitas situs (blog), didasari dengan posisi pencarian terbanyak dalam search engine (SEO). Jika teknik ini dianggap yang tertinggi, maka sudah dapat dipastikan bahwa google sebagai mesin pencarian terbesar di dunia akan ditinggalkan penggunanya. Karena performance blog berarti akan tergantung padanya. Dan sistem monopoli seperti itu tidak akan awet dalam dunia usaha. Cara bisnis online yang berusaha untuk menguasai segalanya (monopoli) pasti akan menimbulkan bencana. Untuk itulah di semua negara demokrasi, praktek monopoli dalam usaha dihapuskan bahkan dilarang. Nah pertanyaanya, lalu apakah tingkatan kualitas yang terbaik? Berikut ini penjelasannya.

Adapun posisi kualitas performance blog yang terbaik sesuai urutan teratas adalah sebagai berikut:

  1. Meraih brand domain image yang tertanam di benak masyarakat. Jika suatu blog maupun situs bisnis jenis lainnya telah terkenal nama domainnya, maka apapun perubahan yang terjadi pada search engine seperti google, bing, yahoo search maupun yang lainnya tidak akan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan. Coba lihatlah website bisnis besar seperti kaskus, traveloka, Detik, kompas dan lain-lain, dijamin mereka tidak memiliki team SEO untuk menangani situs dalam pencarian. Yang mereka sediakan agar kualitas situsnya selalu sukses mendulang visitors adalah team promosi, social media marketing, maupun web development dan divisi terkait lain tetapi bukan SEO. Jika brand image masyarakat terhadap nama domain cukup kuat, maka nilai jual suatu blog atau situs bisa mencapai ratusan milyar rupiah. Sudah dengar, situs asing yang membeli Toko Bagus dengan harga berapa? Silakan cari sendiri infonya ya..
  2. Blog berkualitas dengan tingkatan tertinggi dalam kunjungan. Sumber visitors bukan saja dari SEO semata. Pebisnis online yang memiliki jiwa marketing tangguh, pasti berusaha mencari pengunjung dengan berbagai cara. Dan teknik ini sangat menunjang pencapaian brand domain image. Sangat disarankan untuk menggunakan media apapun (social media, social bookmark, forum, iklan lainnya) dalam berpromosi, tetap mencantumkan nama domain. Tidak heran, biasanya terjadi kesamaan antara nama blog dengan nama akun sosmed. Dalam tingkatan kualitas ini, teknik seo juga berpengaruh tetapi khususnya memenangkan kata kunci populer dengan tingkat pencarian tertinggi.
  3. Menang dalam banyak kata kunci. Nah posisi SEO ternyata bukan yang tertinggi melainkan dalam tingkatan ketiga. Biasanya situs bisnis yang mengandalkan seo, berusaha menang dalam banyak posisi SERP termasuk pencarian yang rendah. Karena memang seperti itu adanya. Anda tidak mungkin dapat meraih keyword pencarian tertinggi (terbesar) jika tidak menguasai pencarian dengan tingkat persaingan rendah. Ini memang algoritma yang ditanamkan oleh google di dalam menunjukkan performance suatu blog maupun situs bisnis.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas menyatakan bahwa teknik seo bukan segalanya. Kualitas suatu blog bukanlah dipengaruhi teknik optimasi mesin telusur. Bisnis online anda akan meraih kesuksesan, jika anda mampu memiliki nama baik yang populer dan tertancap dalam benak masyarakat. Coba cek saja, nama-nama domain yang digunakan oleh pengusaha yang sukses, mereka pasti memilih nama yang unik dan mudah diingat oleh visitors, bukan? Pemilihan nama adalah penting, dan bukan sekedar ngejar keywords.

Dan sebagai penutup, saya ingin berbagi tips untuk kontrol performance situs dengan cara secara rutin melihat perubahan jumlah pengunjung Blog setiap bulan pada google analytics. Jika kunjungan secara direct semakin tinggi, apalagi jika dibarengi dengan peningkatan unik visitors (pengunjung baru yang lebih dari satu kali mengunjungi blog anda dari penelusuran google), maka kualitas kesuksesan tertinggi akan dapat diraih (poin nomer 1). Tetapi perhatikan juga jumlah totalnya. Jika sebulan hanya 50 orang dan semuanya unik visitors serta direct, itu tandanya yang datang teman-teman yang sudah mengenal anda saja.. hehehehe..