peluang bisnis

Kembangkan Usaha Anda Melalui Aplikasi Android

app ponsel cerdas
aplikasi android

Jika anda memperhatikan, terjadi perkembangan usaha yang cukup significant dengan memanfaatkan aplikasi android. Sebagian besar menggunakan metode ini sebagai media pemasaran yang “seolah memaksa” pengguna ponsel cerdas untuk selalu mengunjungi situsnya dengan cara membuat “jalur langsung” dari gadget menuju situs. Sebagian lagi malah memanfaatkan media ini sebagai inti bisnis. Apakah hal ini menguntungkan bagi bisnis? Berikut penjelasannya.

Ada beberapa hal yang menguatkan agar anda mencoba mengembangkan bisnis online dengan memanfaatkan aplikasi android. Diantaranya:

  1. Aplikasi android merupakan salah satu faktor penentu ranking di penelusuran google. Pernyataan ini resmi disampaikan oleh search engine tersebut. Sepanjang pengetahuan saya mengenai teknik optimasi, rasanya baru tiga kali google mengumumkan secara detail tentang faktor penentu peringkat. Yaitu penggunaan https, mobile friendly dan aplikasi ponsel cerdas (android, ios, bbm).
  2. Manfaatkan media aplikasi gadget untuk pemasaran. Kalau adroid apk tertanam pada ponsel seseorang, pasti secara alam bawah sadar si pemilik ponsel akan mengunjungi situs anda jika membutuhkan bisnis yang terkait. Coba anda perhatikan toko online besar dan situs agen wisata, mereka berlomba-lomba untuk membuat aplikasi dan mengiklankan app yang tersedia. Contohnya aplikasi yang dikembangkan traveloka. Mereka sampai membuat iklan TV khusus menghimbau agar pemirsa memasang aplikasi android dan ios situs mereka. Yang dipikirkan adalah jangka panjangnya, dimana secara alam bawah sadar, maka seseorang akan mencoba aplikasi tersebut saat ingin memesan kamar hotel. Sedangkan untuk jangka pendeknya, tentu saja ingin ranking situsnya optimal di penelusuran.
  3. Jumlah pengguna ponsel cerdas makin meningkat tajam. Kalau tidak, mengapa pengusaha pembuat gadget selalu menciptakan produk baru setiap bulan? Fenomena seperti ini hanya terjadi jika demand tersedia cukup lebar, bukan?
  4. Masyarakat sangat menyukai kepraktisan dan akses cepat. Penggunaan aplikasi android dan ios adalah jawaban kebutuhan yang disukai oleh masyarakat. Hanya tinggal klik, maka seseorang langsung meluncur ke website yang dituju tanpa perlu lagi mengetik di browser atau melakukan pemilihan saat menelusuri di search engine.
  5. Anda bisa mengembangkan pendapatan dengan cara menjual aplikasi melalui playstore berbayar. Sudah banyak pihak yang melakukan cara ini. Misalnya membuat tutorial atau ebook lalu dibuat versi app-nya. Jika seseorang ingin mengunduh, maka perlu membayar sekian puluh ribu. Coba bayangkan jika yang mengunduh ada satu juta orang, tentu merupakan income yang fantastis, bukan?

Demikianlah sedikit pemaparan arti pentingnya pemanfaatan aplikasi ponsel cerdas seperti android dan ios di dalam pengembangan usaha. Bahkan teknik ini juga dapat menjadi peluang bisnis menarik bagi yang suka kemajuan teknologi.