peluang bisnis

Kelola Market Space Trend Usaha Online Sukses

tempat berkumpulnya visitors

Jika anda melihat para pebisnis yang menjalankan usaha online yang sukses, biasanya mereka mengelola market space dengan benar. Memang ada banyak “jalur” keberhasilan via internet, tetapi startup yang cukup booming dan sedang trend dengan hasil fantastis adalah yang menggunakan “jalur” market space. Dan teknik ini sebenarnya sudah diterapkan oleh blogger, tetapi karena kurang menyadari dan mengasah apa yang telah dilakukan, maka kebiasaan yang dilakukannya menjadi hanya sekedar hobi belaka. Anda ingin meraih sukses dengan apa yang sudah dilakukan selama ini? Coba pahami artikel pembahasan market space ini.

Definisi market space sebenarnya cukup mudah. Jika anda memahami dalam ilmu ekonomi ada yang disebut market place, maka yang kita bahas ini adalah anonimnya. Artinya, tempat berkumpulnya antara penjual dan pembeli, atau penulis dan pembaca, atau situs tempat berkumpulnya visitors, inilah yang dimaksudkan dengan market space. Jadi jika anda seorang blogger yang tulisan blognya banyak ditunggu oleh pengunjung tetap, maka blog tersebutlah yang dimaksudkan dengan market space.

Dari pengertian marketspace di atas anda pasti sudah paham, selama situs yang dikelola memiliki jumlah pengunjung tetap dan kuantitasnya semakin bertambah, maka kesuksesan sudah dekat. Usaha online sangat membutuhkan hal seperti ini. #Internet marketing yang berhasil, adalah mampu menciptakan tempat (wadah) bagi pengguna internet. Makanya anda bisa lihat, jika memiliki blog yang tinggi kunjungannya, pasti berbondong-bondong para pemilik modal untuk beriklan dan bila perlu melakukan investasi melalui blog tersebut. Puncak kesuksesan dengan hadirnya investor inilah bukti bahwa pengelolaan market space melalui situs anda sudah maksimal.

Berikut ini beberapa tips yang saya simpulkan dari situs online besar yang mengelola marketspace sehingga berdaya jual tinggi. Anda tentu pernah mendengar Toko bagus, Kaskus, Kompasiana dan lain-lain yang mampu mendulang sukses karena situs mereka adalah tempat kumpul visitors. Dan tips terbaik di dalam mengelola usaha online agar pengunjung tetap tercipta dan semakin bertambah adalah:

  1. Rutin melakukan update informasi.
  2. Bualah akun sosial media, subscribe berlangganan via email, dan membership pada situs anda. Gunanya agar anda mengetahui secara pasti siapa sajakah pengunjung situs anda yang tetap dan ada berapa jumlahnya. Memang, data paling valid adalah jika yang berlangganan email cukup tinggi.
  3. Anda boleh saja menjaring pengunjung agar situs anda menjadi populer dengan tingkat kunjungan tinggi melalui teknik optimasi. Tetapi perlu anda pahami juga, bahwa seo adalah “jalannya” saja, jika seseorang sudah memutuskan ingin selalu datang ke blog yang anda kelola, maka dia akan mengunjungi secara direct. Yang seperti inilah yang seharusnya anda incar. Dan untuk “mengikat” maka sebaiknya beri pilihan berlangganan seperti poin nomer 2.
  4. Kenali kelemahan blog yang anda kelola. Ini merupakan poin penting. Jika situs anda memiliki loading yang lambat, terlalu banyak “jebakan” yang menjengkelkan, navigasi yang sulit, jangan harap ada visitors yang menjadi pelanggan tetap. Kesalahan paling banyak dilakukan blogger adalah dengan memasang widget follow yang melayang pada blog yang dibuat, tetapi tanpa ada tombol close atau malah dipasang timer yang cukup lama. Bagi saya hal ini adalah sikap arogan dan sombong serta merasa bahwa postingannya pasti ditunggu, sehingga perlu mewajibkan pengunjung mengikuti akun sosial media yang dimiliki. Coba jika hal tersebut terjadi pada diri anda yang berkunjung ke blog lain, pasti ditinggalkan dan berharap tidak akan kembali lagi ke situs tersebut, bukan? Kalau sudah seperti ini fatalnya, bagaimana bisa menciptakan market space yang unggul?
  5. Tetap setia pada single niche atau satu tema blog. Jika ingin menulis semua hal (multi niche), kenapa tidak membuat semacam portal berita saja?

Dengan tetap rutin melaksanakan kelima hal tersebut, niscaya suatu saat ada yang melirik blog anda. Jaga terus marketspace yang sudah dikelola, agar suatu saat membuahkan hasil yang manis. Salah satu bukti bahwa anda sedang memulai untuk menciptakan space khusus bagi visitors adalah jika anda bermain adsense seperti yang sedang trend belakangan ini. Mungkin awalnya anda hanya ingin mencari penghasilan tinggi dari google adsense, tetapi suatu saat, anda akan memahami betapa berharganya tulisan anda dan situs yang dikelola sehingga akan “dipoles” untuk memperluas market di dunia online.

Related Post

Simulasi Gadai Mobil Avanza Lengkap Toyota Avanza adalah mobil fenomenal yang tingkat kepemilikannya sangat banyak di Indonesia. Tidak heran jika pihak pembiayaan manapun paling sering m...
Ide Bisnis Menarik Terkait Mobil (Otomotif) Bagi anda yang hobi otomotif, biasanya terbersit untuk mengelola bisnis terkait kesukaannya. Termasuk juga penggemar mobil. Sudah banyak pengusaha di ...
Cara Gratis Meningkatkan Jumlah View Pada Youtube Di media internet, sudah banyak yang mengulas cara-cara untuk meningkatkan jumlah view pada video yang diunggah secara gratis dan sebagian yang akan s...
Mengapa Tidak Banyak Pegadaian Sertifikat Rumah? Pertanyaan tentang keberadaan layanan jasa pegadaian dengan agunan sertifikat rumah, tanah maupun ruko yang tidak banyak di Indonesia ini muncul di gr...
Cara Memilih Hosting Yang Tepat Tutorial ini saya sajikan atas dasar banyaknya pertanyaan yang terkait cara tepat memilih paket hosting untuk bisnis, yang sering dikeluhkan pemilik w...