peluang bisnis

Waspada Jual Beli Domain PR Tinggi

jual domain PR

Praktek jual beli nama domain yang memiliki pagerank tinggi (high PR) perlu diwaspadai mengingat banyak terdengar nada kecewa akibat transaksi yang dilakukan. Kejadian tidak nyaman ini cukup beragam jenisnya, mulai dari penyesalan karena PR palsu, invalid, dropped, salah niche, history banned sehingga tidak dapat digunakan untuk monetize dan menghasilkan pendapatan via adsense hingga kekecewaan karena tidak dapat mendongkrak performance situs melalui backlink yang diperoleh melalui blog yang diciptakan dengan menggunakan domain pagerank tinggi yang dibeli. Atas dasar itulah saya menghimbau untuk tetap waspada saat melakukan transaksi penjualan tersebut.

Apa Yang Perlu Diketahui?

Bagi anda yang ingin membeli domain PR dari penjual yang banyak ditemukan di media internet, maka perlu memahami beberapa hal penting yang saya sampaikan berikut ini.

  1. Apakah tujuan anda ingin bertransaksi jual beli domain ini? Jika hanya untuk mendapatkan backlink dari blog berpagerank tinggi, tinggalkan saja keinginan tersebut. Karena indikator ini proses updatenya sudah dihentikan oleh google sebagai pencipta PR. Jika ingin menang di SERP, tingkatkan performance blog melalui konten berkualitas dari blog utama anda, bukan dari backlink.
  2. Pahami cara cek validitas pagerank melalui beberapa situs checker. Jangan hanya terpaku pada satu web saja. Mohon maaf, saya tidak bisa menyebutkan contoh situs checker yang bagus karena saya belum menemukan penyedia tools yang murni ingin membantu memberikan data PR valid karena pada umumnya mereka memiliki kepentingan tersendiri. Jika penjual domain menyediakan link untuk menguji keabsahan, sebaiknya cari juga pembanding lainnya (second opinion). Hal ini berguna untuk mendapatkan ketepatan yang tinggi atas data history yang tersedia.
  3. Jika tujuan anda untuk membeli domain PR tinggi untuk menciptakan blog dengan niche khusus, lalu menjual blog tersebut ke pihak lain, maka anda perlu waspada. Penipuan yang terjadi ke anda berarti juga akan terjadi pada pembeli blog yang anda ciptakan. Aksi tipu-tipu menjadi berantai dan semuanya akan mengalami kerugian materi dan waktu.
  4. Beberapa penjual domain selain menyediakan data pagerank, juga memberikan informasi skor mozrank, high DA dan PA. Sekedar mengingatkan saja bahwa anda perlu paham dan waspada, bahwa indikator tersebut bukan milik google, melainkan milik Moz.
  5. Bagaimana dengan nilai Alexa suatu domain? Rasanya praktek jual beli ini kurang perlu mencantumkannya. Karena alexa rank pasti angkanya besar bahkan kebanyakan N/A. Hal ini disebabkan karena domain tersebut sudah lama parkir dan tidak aktif dalam bentuk situs. Jika anda menemukan angka alexa kecil (performance tinggi), malah perlu berhati-hati karena dapat dipastikan anda akan disibukkan kegiatan meredirect maupun menghapus link error yang terjadi.

Tips dan Saran

Bagi anda yang ingin mengikuti transaksi penjualan domain PR maka perlu memperhatikan beberapa saran dan tips berikut ini. Kewaspadaan tinggi perlu anda miliki dengan mengikuti panduan diantaranya:

  • Belilah domain dari penjual domain yang terpercaya. Anda dapat melihat keseriusan yang tinggi dari penyedia. Lihat saja situsnya, kemudahan proses transaksi, alur pemesanan, penyediaan data validitas yang mendukung indikator pagerank.
  • Alamat kontak yang jelas juga perlu sebagai pertimbangan.
  • Perhatikan metode yang kerap ditawarkan oleh penjual domain. Saya pernah mengalami kesukaran yang tinggi dalam proses transfer domain karena miskin informasi tentang teknik push yang diterapkan. Tadinya ingin menyimpan pada hosting yang saya beli, eh ternyata sulit dan membutuhkan waktu cukup lama dengan alasan tidak menangani proses tersebut.
  • Jika anda ingin memulai bisnis online dengan memanfaatkan domain pagerank tinggi, pastikan memberikan info yang jelas dan valid bukan aksi tipu-tipu semata. Saya sendiri juga salah satu buyer setia sebuah pengelola transaksi domain untuk tujuan bisnis yang lain. Walaupun sudah menjadi pelanggan lama, kewaspadaan tetap perlu saya lakukan dalam praktek jual beli ini. Kepercayaan yang tercipta tidak serta merta mengurangi kehati-hatian dalam kegiatan yang saya lakukan.

Demikianlah informasi yang semoga berguna untuk anda. Panduan gratis bagi pebisnis internet yang ingin memanfaatkan hasil transaksi penjualan domain PR tinggi ini bukan berupa himbauan untuk menghindari transaksi, melainkan untuk tetap waspada. Sudah banyak penipuan yang terjadi hanya karena kelengahan pembeli. Saya sendiri sampai sekarang masih sering berburu domain bekas dengan alasan khusus, yang terkait historis dan umurnya.

Related Post

Syarat Kredit dan Pinjaman Gadai Beserta Alasannya Selama ini, kita mengetahui beberapa persyaratan kredit tanpa memahami alasan mengapa syarat tersebut wajib ada. Jika kita sebagai nasabah mampu memen...
Pengertian Syarat Pinjaman Data Segaris Bagi anda yang bekerja di bank atau leasing, mungkin sudah terbiasa mendengar istilah "data segaris" pada layanan pinjaman. Tetapi mungkin masyarakat ...
Rahasia Peluang Usaha Penjualan Tiket Pesawat Onli... Di dalam menjalankan bisnis travel agent, salah satu kegiatan yang sudah jamak adalah mencoba peluang usaha melalui penjualan tiket pesawat secara onl...
Arti Penting Keberadaan Jaringan Pemasaran Bagi Le... Salah satu bisnis yang seolah menuntut kehadiran jaringan pemasaran yang lebih luas dan berada di dekat pelanggan adalah usaha perusahaan pembiayaan y...
Simulasi Gadai Mobil Avanza Lengkap Toyota Avanza adalah mobil fenomenal yang tingkat kepemilikannya sangat banyak di Indonesia. Tidak heran jika pihak pembiayaan manapun paling sering m...