peluang bisnis

Jenis Agunan Yang Bisa Dijaminkan di Leasing

jenis jaminan

Kita masih membahas tentang tempatĀ gadai dan kali ini saya ingin mengulas jenis agunan yang bisa dijaminkan. Sumber referensi saya adalah situs pinjaman uang seperti Siduit, Pegadaian dan situs pinjaman lainnya. Leasing yang memberikan jasa pegadaian pada umumnya menerima jaminan berupa barang berharga yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta ada standar harga pasaran yang berlaku mutlak sebagai patokan. Jadi, tidak semua barang berharga dapat diagunkan. Misalnya: Berlian. Sebagai barang mewah dengan nilai sangat tinggi, saya belum mendengar ada lembaga pembiayaan resmi yang mau cover jenis perhiasan ini. Penyebabnya, nilai berlian tidak memiliki patokan harga yang mengikat. Selain itu hanya digemari oleh kalangan tertentu yang hobi mengoleksinya. Jenis agunan ini sangat sulit dijual kembali apabila debitur terjadi wanprestasi.

Jika anda ingin menggadaikan barang berharga, berikut ini agunan yang sudah sering dijadikan jaminan pada perusahaan leasing pegadaian resmi. Diantaranya:

  1. Agunan Mobil. Biasanya perusahaan pembiayaan menawarkan pinjaman jaminan bpkb mobil, bukan unitnya. Setahu saya, hanya pegadaian BUMN saja yang bersedia terima agunan unitnya. Layanan jaminan bpkb mobil ini merupakan favorite yang digadaikan dengan alasan: Nilai pencairan tinggi, rentang pencairan cukup luas karena harga pasaran mobil memiliki jeda yang lebar. Ada mobil yang bernilai puluhan juta saja, tetapi ada pula yang nilainya milyaran. Dan agunan ini memiliki patokan yang jelas serta mudah dijual kembali oleh leasing.
  2. Jaminan Sepeda Motor. Walaupun rentang harga pasarannya cukup sempit, sehingga perkiraan pencairan terjadi di angka 2 juta – 20 juta saja, tetapi layanan pinjaman dengan agunan bpkb motor ini cukup populer di Indonesia. Pemilik sepeda motor yang ada di Indonesia cukup banyak dengan rentang strata ekonomi yang cukup lebar. Hampir semua lembaga pembiayaan dana tunai memiliki layanan dengan jaminan barang ini.
  3. Agunan Rumah. Rentang harga pasaran cukup lebar. Walau belum menjadi favorite dengan alasan tidak banyak leasing yang meng-cover penjaminan sertifikat rumah, tetapi karena harganya cukup tinggi, biasanya debitur tetap berusaha menjaminkannya. Hanya debitur dengan kebutuhan uang dalam jumlah besar dan tidak tidak mendesak saja yang biasanya ingin menjaminkan rumah. Leasing tidak banyak memiliki layanan ini karena jenis rumah membutuhkan proses cukup lama dalam hal pengecekan keabsahan surat-surat. Alasan lain juga karena proses penjualan kembali juga sulit dan butuh waktu. Biasanya, kondisi konsumen dengan syarat dokumen segaris saja yang disetujui pinjamannya.
  4. Jaminan Perhiasan Emas. Berbeda dengan penjelasan tentang Berlian di atas, khusus jaminan emas dapat diagunkan dan bahkan peminatnya cukup banyak. Masyarakat Indonesia biasanya memiliki perhiasan ini walau dalam jumlah kecil (sedikit). Tapi sayang, leasing pegadaian yang mengelola bisnis penjaminan emas tidak banyak. Hal ini disebabkan karena butuh alat dan personil khusus yang bisa melakukan pengetesan keaslian dan kadar emas.
  5. Jaminan sertifikat tanah. Jenis agunan ini mengalami nasib yang sama dengan sertifikat rumah. Tidak banyak kreditur yang menawarkan layanan penjaminan tanah. Biasanya hanya perbankan, BPR dan koperasi saja yang berani menerima jaminannya.

Dengan penjelasan di atas, diharapkan anda paham dan dapat mengambil keputusan terbaik jika menghadapi kesulitan keuangan. Prinsip yang perlu anda pegang adalah sesuaikan jenis agunan leasing dengan kebutuhan uang. Selain itu, perhatikan kebutuhan pinjaman tersebut mendesak atau tidak.

Related Post

12 Niche Blog Yang Berpenghasilan Adsense Tinggi Dalam menjalankan hobi blogging, banyak pihak yang menggunakan kesempatan sekaligus untuk meraih penghasilan dari google adsense. Dan salah satu strat...
Cara Menentukan Nama Domain Situs Di dalam pembuatan blog, website atau situs untuk bisnis online, cara menentukan nama domain yang mengikuti kaidah seo ternyata tidak semudah membalik...
Pinjaman Take Over Bpkb Masih Kredit Belum banyak masyarakat yang mengetahui program pinjaman take over kredit, yang telah disediakan leasing resmi. Selama ini, sebagian dari masyarakat I...
Simulasi Gadai Mobil Avanza Lengkap Toyota Avanza adalah mobil fenomenal yang tingkat kepemilikannya sangat banyak di Indonesia. Tidak heran jika pihak pembiayaan manapun paling sering m...
Kembangkan Usaha Anda Melalui Aplikasi Android Jika anda memperhatikan, terjadi perkembangan usaha yang cukup significant dengan memanfaatkan aplikasi android. Sebagian besar menggunakan metode ini...