peluang bisnis

Ide dan Cara Memulai Bisnis Online Gratis

cara memulai bisnis online

Memiliki usaha tanpa modal (gratis) adalah impian banyak orang dan salah satu jalan adalah dengan memulai bisnis secara online. Masalahnya, kendala terbanyak adalah cara menemukan ide serta bagaimana melakukan prosesnya, itulah yang sering menghambat seseorang untuk menjadi wirausahawan. Saya sendiri mempunyai pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan yang berbeda sama sekali dengan bisnis yang saya geluti. Bagi yang mengenal saya, pasti cukup kaget bagimana saya bisa memiliki usaha di bidang internet, sementara pengetahuan yang saya miliki jauh dari kegiatan internet? Dan di sinilah letak uniknya serta tantangan bagi pemula untuk memulai bisnis online yang gratis dengan ide segar serta cara-cara terbaik yang bisa dilakukan. Ayo kita belajar bersama.

Tantangan Mencari Ide

Hal yang dirasa sulit oleh seorang pemula adalah mencari ide terhadap bisnis yang ingin dikembangkan. Bagaimana memulai dengan cara gratis tetapi memberikan penghasilan yang lumayan. Kalau saya ditanya apakah ada, cara memiliki usaha online yang tanpa modal? Pasti saya jawab: “Sangat banyak..!” Masalahnya definisi tanpa modal versi saya adalah dibatasi dengan hal yang terkait finansial. Jika anda memperdebatkan dengan masalah sarana seperti laptop atau gadget, pulsa dan pendukung lainnya agar bisa mengembangkan usaha secara online, semuanya bisa saya jawab. Contohnya: Anda bisa berjualan melalui akun social media yang gratis dengan menggunakan gadget (handphone) dan saluran wifi untuk publik. Simple dan nyesek ya??

Adapun ide terbaik untuk mengembangkan usaha online adalah dimulai dengan hal-hal yang anda sukai, minat, pengalaman dan hobi. Dari kriteria tersebut, carilah yang memenuhi unsur semuanya. Contohnya adalah apa yang saya lakukan. Hobi saya adalah travelling dan browsing internet, dengan pengalaman kerja belasan tahun di bidang marketing. Dan jika anda membaca tentang saya di situs ini, maka anda akan mengetahui bahwa saya memulai usaha sebagai penyedia jasa optimasi. Kegiatan ini terus saya kembangkan sehingga lebih luas dengan banyak produk dan jasa yang saya tawarkan. Internet marketter mungkin adalah julukan yang paling tepat untuk saya. Karena seluruh usaha saya tepat sesuai dengan cara dan pengertian internet marketing yang sesungguhnya.

Jika anda memiliki hobi travelling, mengapa tidak menjalankan bisnis travel online seperti yang sedang marak belakangan ini? Jika anda seorang yang memiliki jaringan yang luas dan sangat mudah bagi anda untuk menambah pertemanan melalui social media, mengapa tidak terpikirkan ide usaha dengan cara menjual jasa followers yang sedang booming? Semuanya ini gratis, bukan? Saya punya sahabat yang sangat aktif di facebook. Setiap hari melakukan update status puluhan kali. Dan setiap dia menerbitkan status, selalu banyak yang nge-like dan berkomentar. Saat dia datang kepada saya untuk minta pendapat untuk memulai suatu bisnis, maka dengan mudah saya bilang untuk membuka usaha jasa like dan FB comment. Saat itu saya membantu dia untuk memasarkan melalui cara-cara seo yang saya kuasai. Dan setelah berjalan setahun, maka sekarang dia menjadi asistant seorang artis di dalam menjawab komentar maupun melakukan update status. Tentu saja kegiatan ini bukan gratisan semata, bahkan dibayar bulanan selayaknya gaji. Padahal dia baru satu kali bertemu artis tersebut. Ide-ide seperti inilah yang harus anda kembangkan untuk memulai bisnis online yang diinginkan.

Langkah Awal Usaha

Saya beranggapan bahwa anda telah menemukan ide berbisnis secara online yang sesuai minat dan hobi yang disukai. Dan langkah selanjutnya adalah seperti yang saya sampaikan berikut ini.

  1. Pikirkan hal-hal yang terkait dengan hobi anda yang sekiranya mampu menghasilkan uang.
  2. Mulailah dengan mencari informasi sebanyak mungkin pada berbagai media online yang terkait dengan hobi atau minat anda tersebut, dan sebisa mungkin jangan meniru yang sudah banyak dilakukan oleh pebisnis internet lainnya.
  3. Pelajari dengan mencari tutorial gratis di internet tentang ide mengembangkan bisnis yang terkait dengan pilihan anda.
  4. Sebagai pemula, sebaiknya anda mencari cara agar kegiatan ini dapat dilakukan dengan gratis atau meminimalkan modal awal yang perlu dikeluarkan.
  5. Jangan berfikir untung besar dahulu. Sebaiknya anda menanamkan brand image kepada teman-teman anda karena merekalah sebenarnya saluran pemasaran dan media promosi yang paling efektif. Anda perlu ingat bahwa bisnis online membutuhkan kepercayaan yang sangat tinggi karena tidak terjadi pertemuan fisik antara penjual dan pembeli. Referensi orang-orang di sekeliling anda adalah faktor penting!
  6. Jika telah memulai usaha selama beberapa bulan dan mendapatkan hasil, cobalah mengembangkan bisnis dengan menggunakan modal. Jika anda bertahan untuk tetap menjalankan dengan gratis maka hasil tidak akan maksimal. Pengorbanan sangat perlu, dalam hal ini secara finansial. Prinsip ekonomi modern bukan lagi meminimalkan modal, melainkan mengoptimalkan pengeluaran agar hasil menjadi maksimal.
  7. Pastikan selalu fokus dan mengikuti perkembangan trend yang ada agar bisnis online yang telah anda mulai, tetap eksis dan tumbuh menjadi besar, bahkan siapa tahu anda akan mendapatkan ide menarik yang terkait dengan usaha yang sedang digeluti.

Contoh Bisnis Tanpa Modal

beberapa contoh peluang usaha yang dapat anda mulai:

  • Peluang bisnis afiliasi.
  • Ide mengembangkan akun social media.
  • Makelar rental mobil online.
  • Tiket pesawat online.
  • Bisnis penjualan kamar hotel.
  • Penjualan paket wisata (tour lengkap).
  • Peluang memperoleh pendapatan melalui adsense.
  • Jasa backlink dengan memanfaatkan berbagai platform blog gratisan.
  • Jasa optimasi blog.
  • Dan lain-lain.