peluang bisnis

Ide Bisnis Menarik Terkait Mobil (Otomotif)

ide bisnis otomotif

Bagi anda yang hobi otomotif, biasanya terbersit untuk mengelola bisnis terkait kesukaannya. Termasuk juga penggemar mobil. Sudah banyak pengusaha di bidang ini yang mendirikan usaha diawali dengan kecintaan pada dunia otomotif. Anda termasuk yang tertarik? Ayo kita bahas ide bisnis terkait mobil di artikel ini.

Jika anda tertarik membuka usaha di bidang otomotif khususnya mobil, silakan perhatikan ide bisnis berikut ini.

  1. Layanan pinjaman uang. Dengan menjaminkan surat penting mobil, maka seseorang dapat memperoleh pinjaman dana tunai. Mengapa dengan BPKB saja cukup? Karena di Indonesia, tidak mungkin melakukan transaksi jual beli otomotif jika tidak disertai dokumen resminya. Itulah sebabnya di kota besar seperti di Jakarta, banyak bertebaran bisnis gadai BPKB.
  2. Berjualan mobil baru atau bekas. Perbedaan tarif pajak antar kota serta biaya distribusi pengiriman dari pabrik atau pool mobil ke kota-kota di seluruh Indonesia menjadikan usaha jual beli otomotif makin menarik. Apalagi kondisi bekasnya. Tidak jarang, banyak pemilik showroom yang “berburu” mobil di Jakarta lalu menjualnya di kota masing-masing.
  3. Ide berjualan spare part dan modifikasi mobil. Semakin jauh dari kota besar, persaingan bisnis onderdil dan variasi mobil makin kecil. Dan tentu saja keuntungannya menjadi lebih besar.
  4. Mendirikan bengkel mobil. Tidak semua authorized dealer membuka bengkel di seluruh kota di Indonesia. Padahal di setiap kota selalu ditemukan variasi brand mobil. Ini merupakan peluang bisnis yang menarik dan menguntungkan.
  5. Jasa pengurusan pajak dan bea balik nama. Pengurusan surat pajak mobil tahunan yang membutuhkan waktu cukup lama (lebih dari 1jam) memberikan peluang bisnis tersendiri karena kesibukan seseorang. Biro jasa STNK dan Balik nama adalah usaha yang sangat dibutuhkan masyarakat kota besar.
  6. Mendirikan usaha rental mobil. Jika wilayah anda merupakan kota industri atau dikenal memiliki banyak tempat wisata yang tersebar, maka cobalah menjalankan usaha persewaan mobil. Anda bisa bekerjasama dengan travel agent untuk mengemas paket tour, atau bekerjasama dengan pihak hotel untuk support tamu-tamu mereka. Peluang bisnis rental mobil tumbuh secara cepat di kota-kota besar di Indonesia.
  7. Ide menjalankan jasa transportasi. Anda dapat menentukan trayek khusus yang ingin digarap atau bisa juga mengelola bisnis angkutan umum dan khusus (taxi).

Demikian informasi penting bagi anda yang ingin menjalankan bisnis terkait bidang otomotif khususnya mobil. Ide di atas masih dapat anda kembangkan lebih banyak lagi. Jika anda ingin mengusulkan tambahan informasi, silakan sampaikan melalui komentar di bawah.

Related Post

Tips Gadai BPKB Mobil Yang Cerdik Saya banyak mendengar keluhan teman tentang layanan gadai BPKB Mobil yang mengecewakan. Mulai dari proses berbelit, bunga (interest rate) yang ketingg...
Cara Gratis Meningkatkan Jumlah View Pada Youtube Di media internet, sudah banyak yang mengulas cara-cara untuk meningkatkan jumlah view pada video yang diunggah secara gratis dan sebagian yang akan s...
Kelola Market Space Trend Usaha Online Sukses Jika anda melihat para pebisnis yang menjalankan usaha online yang sukses, biasanya mereka mengelola market space dengan benar. Memang ada banyak "jal...
Tips Mengelola Toko Online di Instagram Salah satu social media yang sering digunakan sebagai toko online adalah instagram. Cara mengelola bisnis yang menggunakan media ini cukup berbeda dan...
Tips Adwords Untuk Bisnis Pinjaman Gadai Cukup banyak pemasang iklan adwords yang mengeluhkan kegagalan kemunculan iklannya, khususnya pada bisnis pinjaman gadai. Karena nampaknya google sang...