peluang bisnis

8 Ide Bisnis di Jalur Mudik Lebaran 2016

mudik saat lebaran 2015

Mudik lebaran biasanya terjadi dari utara Sumatera hingga jawa bagian timur dan berikut ini ide bisnis yang menarik untuk dikembangkan di tahun 2016 ini. Tidak menutup kemungkinan di luar kedua pulau ini juga terjadi kegiatan seperti mudik ini sehingga ide yang saya bagikan juga dapat dikembangkan. Beberapa contoh peluang bisnis menjelang Lebaran di bawah mungkin hanya cocok di wilayah tertentu dan perlu dimodifikasi secara khusus. Sudah siap untuk mencari keuntungan di tahun 2016 ini yang terkait dengan usaha dadakan? Silakan pelajari dengan seksama ya..

Bisnis Dadakan Saat Pulang Kampung

Adapun 8 hal unik yang dapat dikembangkan menjadi usaha sampingan dengan memanfaatkan moment mudik lebaran di tahun ini adalah:

  1. Pembuatan peta jalur khusus. Memang biasanya peta jenis ini banyak dibagikan saat memasuki tol di Jakarta. Tetapi yang masih jarang adalah jika anda menyediakan peta dalam bentuk aplikasi android yang dapat diakses secara offline dan online. Tahun 2016 ini, google meluncurkan android one yang katanya memiliki peta yang bisa offline. Ide ini pasti bisa dicangkokkan pada aplikasi peta mudik yang dibuat, dan penekanan pada jalur khusus lebaran. Jika anda membuat aplikasi berbayar maka keuntungan jutaan rupiah bakal dapat diraup.
  2. Bisnis Pijat di Rest Area. Sepanjang jalur mudik khususnya jalur darat, ada beberapa titik yang dipenuhi tenda-tenda untuk beristirahat. Sudah pasti banyak yang kelelahan menghadapi kemacetan, sehingga dapat terobati dengan adanya layanan pijat. Jika anda tidak ingin memiliki banyak karyawan dadakan untuk bisnis ini, sediakan saja kursi pijat elektrik seperti yang ada di mal.
  3. Penjualan tiket masuk kawasan wisata. Lebaran identik dengan acara berekreasi dengan keluarga, terutama di hari kedua. Saya melihat tahun 2015 ini, banyak sekali pengelola wisata yang menerima pemesanan tiket online dan memberi harga khusus pada pihak ketiga. Misalnya tiket Trans Studio Bandung. Silakan ajukan kerjasama dengan mereka, lalu jual tiket ini secara offline di beberapa titik jalur mudik menuju kota Bandung.
  4. Penjualan bantal leher. Saat mudik lebaran, baik menggunakan mobil, pesawat atau kapal laut, bantal leher adalah barang yang berguna. Bahkan produk ini juga bisa digunakan bagi pemudik yang menggunakan motor. Tentu saja, bantal leher ini mereka gunakan saat istirahat. Ini merupakan bisnis yang potensial karena diperkirakan tahun 2016 ini, jumlahnya masyarakat yang pulang berlebaran ke kampung halaman akan meningkat sekitar 10-25% dari tahun lalu.
  5. Jika anda adalah salah satu yang melakukan kegiatan mudik lebaran ke kampung halaman, anda juga bisa memperoleh tambahan penghasilan dengan cara merekam semua kegiatan. Ya sukur-sukur menemukan moment lucu, unik atau bahkan kejadian luar biasa sepanjang perjalanan. Lalu silakan upload rekaman tersebut ke youtube. Jika anda memiliki akun yang dimonetise, maka penghasilan youtube anda akan meningkat. Hal ini disebabkan karena banyak orang menanti informasi aktual pada jalur mudik lebaran.
  6. Warnet dadakan. Jika anda penjual komputer/laptop dan ingin berpartisipasi dalam kegiatan mudik lebaran tahun ini, cobalah bekerjasama dengan provider selular dan membuat tenda khusus dengan fasilitas ac yang sejuk serta komputer dan akses internet. Bila perlu ajak pula pengusaha minuman untuk berpartisipasi dengan memberikan minuman gratis. Tenda seperti ini juga bisa dibuat rest area jalan tol, di lounge bandara maupun ruang tunggu pelabuhan. Silakan kenakan charge per orang dengan durasi waktu tertentu atau tanpa durasi (unlimited). Toh, biasanya tidak akan digunakan seharian, bukan?peluang bisnis lebaran
  7. Lebaran di tahun ini bertepatan dengan serangkaian pertandingan olah raga seperti sepak bola. Jika anda kreatif, mengapa tidak menyediakan tenda khusus di beberapa titik rest area? Ciptakan cafe mini yang dilengkapi fasilitas TV layar lebar yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik yang hobi nonton acara tersebut.
  8. Penjualan cairan anti ban bocor. Tidak banyak pemudik yang mengetahui bahwa sekarang sudah ada teknologi cairan khusus yang berguna sebagai anti ban bocor. Mungkin mereka pernah mendengar, tetapi belum menggunakannya karena tidak tahu tempat penjualannya. Ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2016 ini. Simple saja, anda siapkan produknya, lalu buka stand dekat pom bensin yang ada tambal ban atau alat pengisi angin. Setiap ada pemudik yang ingin menambahkan angin ke ban mobilnya, tawarkan saja produk tersebut. Kemungkinan besar produk ini akan dibeli. Dan tentu saja, di Lebaran ini anda akan meraup untung jutaan rupiah dari bisnis ini.

Cukup unik dan menarik, ide bisnis yang saya sampaikan di atas, bukan? Jika anda serius untuk menjalankannya saat musim mudik tahun ini, pastikan dipersiapkan secara matang. Lebaran tahun 2015 sudah di dekat mata, jadi jangan sia-siakan waktumu untuk tetap berkarya dan menjalankan usaha sampingan. Manfaatkan moment ini sebaik-baiknya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih.

Related Post

Cara Menentukan Nama Domain Situs Di dalam pembuatan blog, website atau situs untuk bisnis online, cara menentukan nama domain yang mengikuti kaidah seo ternyata tidak semudah membalik...
Mengapa Tidak Banyak Pegadaian Sertifikat Rumah? Pertanyaan tentang keberadaan layanan jasa pegadaian dengan agunan sertifikat rumah, tanah maupun ruko yang tidak banyak di Indonesia ini muncul di gr...
Cara Gratis Meningkatkan Jumlah View Pada Youtube Di media internet, sudah banyak yang mengulas cara-cara untuk meningkatkan jumlah view pada video yang diunggah secara gratis dan sebagian yang akan s...
Tips Gadai BPKB Mobil Yang Cerdik Saya banyak mendengar keluhan teman tentang layanan gadai BPKB Mobil yang mengecewakan. Mulai dari proses berbelit, bunga (interest rate) yang ketingg...
Syarat Program Take Over Kredit Mobil Salah satu program gadai yang banyak dicari adalah take over kredit. Layanan ini memiliki syarat yang sebenarnya cukup ketat dibanding dengan program ...