peluang bisnis

Faktor Penyebab Penghasilan Adsense Kecil

meningkatkan penghasilan adsense

Ada banyak faktor yang menyebabkan penghasilan adsense anda menjadi kecil atau rendah baik dari dalam situs maupun luar situs. Dan keluhan turunnya pendapatan ini merupakan masalah terbesar yang paling banyak diceritakan oleh publisher, bahkan mungkin mencapai total 70% dari pebisnis online yang menggantungkan penghasilan dari publisher google adsense. Dan untuk memperbaiki hasil monetise, ada baiknya anda cari tahu faktor yang mempengaruhi kecilnya klik yang sah yang terjadi pada iklan yang muncul di blog kita. Berikut beberapa penyebab yang berhasil saya identifikasi, yang dapat membantu analisa terhadap blog anda.

Adapun faktor penyebab turunnya hasil monetise adsense pada blog adalah sebagai berikut:

  1. Blog yang dimiliki salah dalam hal pemilihan niche. Sebaiknya anda memilih tema blog yang populer yang terkait dengan bisnis. Anda perlu pahami bahwa publisher hanya menayangkan iklan yang didaftarkan oleh pengusaha yang memanfaatkan adwords sebagai media iklannya. Jika seperti ini, apakah anda yakin ada pengusaha suatu bisnis yang terkait puisi?? Makanya blog tema puisi jarang muncul iklan adsense. Saya tidak tahu, apakah jenis blog seperti ini disetujui oleh google atau tidak. Begitu pula untuk keluhan niche tutorial yang juga sepi klik. Target tutorial biasanya sesama blogger yang kebanyakan memiliki sifat “julit” yang menghindari iklan di blog milik orang lain.
  2. Penempatan dan jenis ukuran iklan. Penghasilan adsense anda akan meningkat jika iklan yang muncul mampu menarik perhatian pembaca. Makanya yang populer adalah ukuran yang besar dan diletakkan di bagian paling strategis (bagian atas blog dekat dengan navigasi maupun sidebar kanan atas). Bagian bawah bisa saja mempengaruhi hasil adsense, jika anda meletakkan iklan pada bagian inti poin pembahasan dalam artikel atau bagian kesimpulan. Peletakan unit iklan salah termasuk ukurannya sangat mempengaruhi pendapatan adsense.
  3. Rendahnya jumlah visitors. Sudah menjadi aturan baku di adsense yaitu semakin tinggi jumlah pengunjung, maka potensi klik makin banyak. Semakin rendah jumlah visitors maka kemungkinan terjadi klik juga kecil bahkan tidak ada. Coba anda analog-kan dengan pameran. Jika pameran dilakukan di lokasi ramai, pasti banyak transaksi, bukan? Bagaimana jika pameran terjadi di hutan??
  4. Kualitas prosentasi tampilan iklan. Jika iklan tidak muncul sempurna pada blog maka hasil klik-nya juga kecil. Bahkan tidak dianggap. Makanya, sangat disarankan memasang iklan di bagian utama blog dengan ukuran yang responsive. Saya memiliki blog yang templatenya sangat jelek (tidak full responsive), sehingga saat dibuka pada beberapa browser, iklan di sidebar terpotong. Kalau terjadi klik pada iklan tersebut, maka tidak dianggap oleh google dan hasilnya dianulir (tidak sah).
  5. Salah satu faktor penyebab kecilnya penghasilan publisher juga dipengaruhi kecepatan loading blog. Anda harus sering melakukan checking loading pada browser yang berbeda. Coba anda bayangkan kalau anda sendiri mengunjungi suatu blog dan terbukanya lama, maka sebelum terbuka sempurna biasanya segera ditinggalkan, bukan? Dan salah satu indikatornya adalah bounce rate yang tinggi di atas 50%.
  6. Menggantungkan sumber visitors utama dari share social media. Memanfaatkan social media seperti facebook, twitter, google plus dan bahkan instagram, mengakibatkan nilai CPC menjadi rendah. Karena biasanya iklan yang muncul tidak relevan dengan konten. Beda halnya, jika sumber pengunjung dari penelusuran google. Contohnya: pengunjung mengetik salah satu tempat wisata di bali, lalu membaca ulasan tentang wisata Bali di blog anda. Dan iklan yang muncul penjualan voucher hotel di wilayah Bali, lalu di klik oleh pengunjung. Inilah yang disebut relevan dan CPC menjadi tinggi. Beda hasilnya jika melalui social media yang tidak terbaca Β oleh google keinginan pengunjungnya.
  7. Hasil adsense rendah karena kualitas jaringan internet. Kalau faktor ini, kita tidak bisa melakukan apa-apa selain membuat blog lain dengan menggunakan bahasa Inggris dan target market global. Hal ini terkait poin ke 4 dan 5 di atas. Jadi untuk adsense berbahasa Indonesia ada dua penyebab pendapatannya rendah, yaitu CPC memang rendah dan iklan jarang terbuka sempurna. Coba silakan baca di tutorial adsense yang diterbitkan oleh google, ada tertulis tentang keterlihatan iklan minimal 1 detik (baca:https://support.google.com/adsense/answer/6219980?hl=id). Biasanya, pengunjung menggulirkan jendela konten dengan cepat walaupun iklan belum terbuka sempurna, dan faktor kualitas jaringan internet cukup mempengaruhi. Kondisi ini jarang terjadi pada negara yang kualitas kecepatan internetnya sangat baik seperti di Amerika, Singapura dan Jerman, misalnya.
  8. Blog tidak kaya konten. Artinya, selain pemasang iklan adwords terbatas sehingga jumlah iklan yang muncul sedikit pada niche yang anda pilih, variasi konten juga sedikit/kurang. Hal ini dapat diantisipasi dengan memenuhi blog anda dengan ratusan artikel berkualitas tetapi tidak boleh mengulang-ulang artikel yang sama (duplikasi dan miskin konten / thin content). Makanya banyak pemain adsense yang suka mengulas tentang wisata, bisnis atau portal berita. Karena tema ini tidak ada habisnya diulas dan selalu bervariasi dan ada ide baru.

Demikianlah beberapa faktor yang menyebabkan hasil adsense di blog menjadi rendah atau kecil. Dengan mengidentifikasi permasalahan dan penyebabnya, maka anda dapat berpeluang meningkatkan pendapatan sebagai publisher. Ada tambahan lain? Sampaikan via komentar di bawah ya..

10 Comments on "Faktor Penyebab Penghasilan Adsense Kecil"

  1. Yusuf.S | 06/07/2015 pada 12:47 |

    Saya buka facebook karena memang mau nanya tentang ini, dan langsung terjawab seketika.

    Blog saya pengunjungnya banyak (untuk ukuran blog yang umurnya dua bulan) tapi penghasilan adsensenya sangat kecil, bahkan di bawah $0,15 per hari.. (kasian banget yah omm ^_^)

    Itu karena niche yang saya geluti (kayak smackdown aja) engga ada penayang iklannya…. kalau begini gimana cara ngakalinnya ya om…

    • Masih bisa diakali dengan saluran khusus (custom), bro.. misalnya pengunjung yang banyak itu anak muda umur 17-40th. Silakan kamu membuat penawaran saluran/channel khusus (cek adsense di menu sidebar kiri).
      Buat saluran khusus untuk online store. Lalu deskripsi iklan buat aja: blog dengan kunjungan tinggi 1000 visitors perhari dengan target anak muda umur 17-40th.
      Trus bikin lagi saluran khusus lagi dengan target game online, deskripsi sama..
      saluran khusus bisa sampai 500 channel kalo gak salah..

      Kalaupun niche ramai, tapi gak bikin saluran khusus juga hasil rendah koq… adanya saluran khusus maka blog kamu akan dilelang oleh google. Jadi nantinya akan dipasang iklan paid per click atau paid per view. Itu dia yang bikin situs wisatania bisa raih 600$ cuman dari satu blog itu doang..
      Coba search: “cara membuat saluran khusus adsense”

      • Yusuf.s | 06/07/2015 pada 17:48 |

        Ohh begitu (om cerdas yah…), sebenernya cara ini udah om kasih tau sih, cuman yang kemaren kurang detil. jadi agak bingung. dan salah penerapan, Ok langsung di bikin om, karena saya udah bisa bikin custom channel sendiri πŸ˜€

        • Ya itu semua gara-gara saya keki dulu awalnya main adsense 3th yang lalu, masa setahun baru dapet 100$.. wkwkwkwkk..

          • Yusuf.s | 08/07/2015 pada 09:44 |

            Wahh masih mending saya dong, saya baru sebulan udah $38 lebih sedikit. πŸ˜€ di blog saya yang perharinya cuman beberapa ratus pengunjung saja (blog tercinta saya…) tapi blog saya yang rame kecil banget penghasilannya…

            • Wahh hebat atuh… dan yang asyiknya, sekarang banyak tutorial yang ditulis..

          • Yusuf.s | 08/07/2015 pada 10:16 |

            Oiah mas saya mau nanya, kan mas bilang suruh bikin saluran khusus untuk online store, nah deskripsi ini tulis dimana,maksudnya kata “saluran khusus untuk online store” ini ditempatkan di kolom apa ?? di kolom “Nama”, di kolom “Iklan muncul di” atau di kotak deskripsi ???

            • Pake yang “iklan muncul di”. Misalnya kamu isi: online store sidebar; download game below title; download app fotter post

              itu kalau ketiga kotak adsense mau di tawarkan semua..

              kalau deskripsi seperti yang saya jelaskan pada comment di atas..

              • Yusuf.s | 10/07/2015 pada 17:16 |

                Ok mas, πŸ˜€ kayanya saya mau bikin banyak saluran khusus deh, soalnya satu saluran khusus seharinya bisa dapet $0,5 kebayang kalau saya bikin 100 saluran khusus πŸ˜€

Komentar ditutup.