peluang bisnis

Pengertian Bisnis Online dan Pengenalan Dasar

bisnis online

Mungkin beberapa pembaca bertanya, apakah pengertian atau definisi bisnis online itu? Bagaimana metodenya? Apa saja syaratnya serta bagaimana cara pengelolaannya? Daftar pertanyaan dalam hati ini pada akhirnya menggerakkan rasa penasaran, sehingga meluangkan waktu untuk mencarinya di internet dan akhirnya bertemu dengan artikel ini. Dan sudah banyak yang menuliskan tentang arti dari frasa tersebut. Bahkan karena terlalu banyak pengertian dari bisnis secara online yang dijadikan sebagai acuan, kadang kita malah bingung dan menjadi bias di dalam mendefinisikannya.

Definisi Harafiah

Adapun pengertian secara bebas adalah usaha yang dikelola dengan memanfaatkan media internet (online) sebagai tempat menjalankan bisnis, media pertemuan dengan pelanggan serta lokasi terjadinya proses transaksi. Metode ini tidak mengenal kegiatan usaha yang dijalankan via offline. Jadi jika ada pengusaha yang memiliki bisnis dan dijalankan dengan dua metode, maka tidak bisa dikatakan usahanya tersebut sebagai murni usaha via internet.

Selama suatu usaha masih memiliki kegiatan pengelolaan dan pemasaran secara offline, maka hal tersebut tidak bisa dikatakan sebagai bisnis yang murni secara online

Pengenalan Dasar

Jika anda mengerti dan mengacu pada definisi yang saya jelaskan di atas maka keberadaan bisnis online di Indonesia tidak terlalu banyak. Karena pengusaha yang benar-benar memanfaatkan teknologi internet untuk menjalankan seluruh kegiatan usaha sangat jarang ditemukan pada kenyataannya. Kebanyakan masih menganut metode semi konvensional yang masih menggabungkan usaha secara real (offline) dan kemudian dipasarkan via online. Contohnya penjual baju, tas, sepatu dan lain-lain, yang ternyata masih memiliki toko secara offline. Metode yang melenceng dari pengertiannya ini tidak salah karena bisa saja toko tersebut memang sudah ada terlebih dahulu.

Kalau saya perhatikan, metode bisnis online yang masih murni malah kebanyakan diartikan dengan cara menjalankan sebagai usaha sampingan. Biasanya ibu rumah tangga, mahasiswa atau pelajar, serta sumber daya manusia yang baru lulus sekolah tetapi tidak memiliki pekerjaan tetap. Walaupun sudah banyak contoh keberhasilan orang-orang yang mengerti dan menjalankan bisnis via internet secara murni, tetapi lebih banyak lagi yang menjadikannnya secagai usaha sampingan saja karena takut resiko jika harus meninggalkan pekerjaan lama. Saya salah satu contoh orang yang pernah meninggalkan zona nyaman dengan cara keluar dari pekerjaan lama yang sudah mapan dan jabatan tinggi, dan berusaha mewujudkan mimpi memiliki usaha. Cemooh dari orang sekitar dan teman-teman di kantor lama tidak saya hiraukan dan malah menjadi ujian mental bagi diri saya. Prinsip yang saya pegang, semakin saya “jatuh” dan mengalami keterpurukan, artinya Tuhan sedang mempersiapkan diri saya untuk meraih hal yang sangat besar.

Memang dasar mental adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mengerti dan berusaha ingin memiliki penghasilan utama secara online. Jika masih setengah hati, maka sulit untuk meraih kesuksesan. Fokus dan konsentrasi adalah syarat mutlak di dalam menjalankan bisnis via internet. Pengertian yang saya sampaikan wajib anda pahami, termasuk prinsip dasar, konsep dan modal mental di dalam menjalankan bisnis via online. Anda siap menjadi seorang wirausaha sejati?