peluang bisnis

Alternatif Cara Promosi Blog Yang Efektif

cara promosi website

Di dalam mengelola bisnis online dengan media blog (situs/website) maka cara melakukan promosi adalah bagian yang penting yang tidak boleh diabaikan. Banyak pengusaha pemula yang sukses di dalam menentukan usaha yang dikerjakan tetapi tidak sukses dalam pemasaran. Maksudnya, ide dasar dari bisnis yang dikerjakan sebenarnya sudah tepat. Misalnya: banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas (rentan market yang lebar), masih sedikit kompetitornya, dan lain-lain. Tetapi saat dijalankan secara online ternyata masih sepi pembeli. Dan kebanyakan, faktor kegagalan transaksi disebabkan karena sedikitnya pengunjung yang melirik situsnya. Kurang atau tidak adanya promosi untuk memperkenalkan situs menjadi faktor kegagalan kelangsungan bisnis.

Dalam dunia bisnis, kegiatan marketing adalah hal yang wajib ada jika seluruh prasarana terpenuhi. Misalnya anda sudah mampu menciptakan suatu alat, mengetahui cara mengembangkannya sehingga unik dan bahkan diyakini dibutuhkan banyak orang, maka langkah selanjutnya adalah pemasarannya. Saat ini, pemasaran via internet sangat disukai karena memiliki biaya yang murah. Cara promosi usaha dengan menggunakan blog atau weblog sudah menjamur di Indonesia untuk memperkecil biaya operasional.

Setelah anda sukses memilih hosting sehingga performance situs menjadi lebih baik, maka langkah selanjutnya adalah berpromosi, yaitu dengan alternatif cara sebagai berikut:

  1. Memanfaatkan social media. Seluruh perusahaan yang bonafit memiliki akun social media yang digunakan sebagai perwakilan bisnisnya. Memang ada yang aktif atau sekedar punya saja tanpa dimanfaatkan secara optimal. Bagi yang memanfaatkan social media, maka biasanya mencantumkan nama domain situsnya pada bagian profile. Bahkan sebagian besar juga memanfaatkan sosmed sebagai media share postingan yang ada di blog. Bagi yang rajin utak-atik situs, biasanya membuat program auto share untuk memperingan pekerjaan. Dan bagi pengguna wordpress, ada banyak plugin seperti ini.
  2. Berpromosi dengan melakukan blog walking. Cara ini dipandang cukup ampuh terutama bagi seseorang yang menekuni kegiatan blogging. Biasanya, pihak yang dikunjungi akan mengunjungi balik situs yang dimiliki oleh tamu yang telah berkomentar di blognya. Jika situs anda tidak dioptimasi pada bagian homepage dengan kata kunci umum, metode blogwalking tidak masalah dilakukan. Ke depannya saya akan mengulas penjelasan tentang hal ini terkait dengan performance seo situs.
  3. Memanfaatkan social bookmark. Sudah menjadi rahasia umum bahwa social bookmark adalah tempat berkumpulnya calon visitors. Biasanya sosbook dikemas dalam bentuk portal. Jadi selain sebagai media link building, sosbook juga merupakan sumber berita via online. Jika bisnis yang anda kelola memiliki target visitor seorang blogger, maka submit di media seperti ini adalah cara promosi yang tepat. Atau jika anda memiliki bisnis dengan target market umum, media ini juga dapat dimanfaatkan untuk menanamkan brand image.
  4. Beriklan di situs lain. Banyak pemilik blog yang melakukan promosi dengan memasang iklan di blog personal yang diyakini memiliki visitors banyak. Teknik ini menjadi sangat berpengaruh jika anda beriklan dalam bentuk gambar bukan link text. Dan jika anda juga menjalankan teknik seo terhadap website yang dikelola, disarankan iklan tersebut diarahkan pada landing page khusus bukan pada bagian homepage, agar kualitas seo dari blog yang dimiliki tidak terganggu.
  5. Menggunakan teknik seo. Dengan membidik kata kunci tertentu yang banyak digunakan oleh pengguna internet saat mencari informasi yang sesuai dengan usaha yang anda kelola. Teknik ini dikenal murah dan cukup efektif didalam memperkenalkan situs. Memang endingnya adalah brand domain blog anda harus tertancap dalam benak masyarakat. Karena teknik ini tidak bisa dikatakan abadi. Promosi dengan melakukan teknik seo harus memiliki target waktu dalam jangka pendek maupun menengah. Sedangkan jangka panjangnya adalah nama blog usaha anda sudah dikenal oleh masyarakat.
  6. Berpromosi melalui jaringan periklanan. Yang lazim dalam media internet adalah penggunaan jasa iklan adword, FB ads dan yahoo ads. Memang, biayanya cukup besar, tetapi potensi terjadi transaksi sangat besar mengingat biasanya iklan jenis ini memiliki setting target. Contohnya pada adwords, dimana anda dapat beriklan sesuai keyword yang terkait dengan bisnis yang dikelola.
  7. Aktif dalam komunitas dan forum. Promosi blog yang efektif juga dapat dilakukan dengan cara aktif bergabung dalam forum online maupun komunitas yang biasanya ada di setiap social media. Jika anda cukup lihai memanfaatkan sosmed, anda bisa saja membentuk komunitas sendiri. Tetapi jika ingin memiliki member yang banyak, anda harus rajin mencari follower dan memanfaatkan media komunitas ini sebagai tempat bersosialisasi. Sebaiknya seminimal mungkin berjualan di komunitas tersebut. Selama komunitas maupun forum tersebut diberi nama sesuai dengan nama blog atau nama bisnis, maka brand image bisnis anda sudah tertancap di benak member.
  8. Promosi non online. Cara memperkenalkan blog tidak melulu secara online. Jika networks anda cukup banyak dalam dunia nyata, anda bisa saja membagikan kartu nama, memasang spanduk, pamflet, beriklan di koran dan bahkan media TV dan mencantumkan nama website yang dimiliki. Dijamin teknik marketing seperti ini juga memiliki pengaruh yang besar asalkan market anda tepat dan pengaturan waktu berpromosi juga tepat.

Demikianlah cara-cara yang efektif bagi anda yang memiliki blog atau situs yang ingin dikenal secara luas oleh masyarakat. Promosi yang tepat sangat menunjang keberhasilan anda di dalam mengelola website. Apalagi jika anda seorang marketing internet, maka tips yang saya bagikan ini sangat perlu untuk dilakukan agar menunjang pekerjaan yang anda geluti. Semua tips bisa dilakukan sekaligus maupun hanya beberapa poin saja. Yang penting, lakukan secara rutin dan direncanakan secara matang.