peluang bisnis

Cara Menjalankan Bisnis Rental Mobil Via Online

ide bisnis otomotif

Bagi anda yang tertarik untuk memiliki bisnis rental mobil tanpa perlu modal besar bahkan gratis, berikut ini cara mudah yang bisa dijalankan. Usaha seperti ini selalu ada di setiap kota, walaupun di pelosok. Tentu saja perkecualian jika di wilayah tersebut memang belum ada sama sekali kendaraan roda empat. Contohnya di wilayah kepulauan Seribu, di sebagian pulau kecil di Lombok, dan di Indonesia Timur. Dan tutorial yang menarik ini, ingin mengajak anda menjalankan bisnis online gratis tanpa modal dengan jenis kegiatan rental mobil di kota anda.

Persiapan Rental Mobil Online

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjalankan usaha persewaan kendaraan bermotor ini. Prinsipnya ada langkah wajib yang harus anda lakukan maupun pilihan cara pemasarannya. Adapun langkah wajib yang harus dilakukan untuk memulai kegiatan ini adalah:

  • Jalin kerjasama dengan jasa sewa mobil yang ada di kota anda. Sebaiknya anda menentukan minimal tiga perusahaan untuk diajak kerjasama. Sampaikan saja bahwa anda menjadi tenaga pemasaran secara freelance dan bicarakan mengenai mekanisme dan fee sukses yang bisa diperoleh. Sebaiknya anda bertemu langsung dengan pengelola rental supaya kesungguhan hati dapat diketahui oleh pengelola bisnis utama.
  • Pastikan anda paham produk layanan yang disediakan oleh masing-masing persewaan mobil. Ada yang menerapkan sistem sewa harian, per jam (biasanya wedding car), dengan driver maupun include bahan bakar (BBM). Termasuk pelajari biaya/charge jika overtime.
  • Miliki nomer kontak khusus untuk menjalankan usaha ini. Biasanya yang dicari pelanggan adalah beberapa nomer operator yang sama dengan miliknya. Jadi sebaiknya anda memiliki beberapa nomer telepon untuk menerima order rental mobil dengan berbagai service provider. Teknik ini sebenarnya tidak wajib asalkan anda dapat dihubungi dengan berbagai cara. Termasuk memiliki nomer whats up dan BBM.

Mekanisme Pemasaran

Jika ketiga syarat utama di atas telah anda miliki, maka cara memasarkannya ada beberapa langkah. Anda bisa memilih salah satu atau menjalankan semua tips di bawah ini agar tingkat keberhasilan bisnis online yang dijalankan menjadi lebih tinggi. Dan mekanisme pemasaran yang disarankan untuk memulai usaha rental mobil secara online adalah:

  1. Gunakan media website atau blog. Jika anda ingin menggunakan blog gratis seperti blogspot atau wordpress tidak menjadi masalah asalkan persaingan persewaan mobil di kota anda yang menggunakan situs masih banyak yang menggunakan blog gratisan. Tetapi jika persaingan sudah menggunakan nama domain sendiri (TLD), rasanya anda harus ikuti trend ini. Jika anda mampu mengoptimalkan situs bisnis ini, maka semakin lebih baik karena tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Dan satu saran dari saya tentang teknik optimasi situs rental mobil adalah penggunaan nama kota sebagai keyword yang dibidik. Misalnya: “rental mobil jakarta”, “sewa mobil bali” dan lain-lain.
  2. Gunakan sosial media. Teknik ini sangat mudah karena tugas anda hanya update status yang rutin. Masalahnya banyak pengelola rental mobil yang selalu update status yang sama berulang-ulang dan selalu menuliskan status di akunnya dengan teknik langsung berjualan. Jangan sampai follower anda bosan dan memutuskan pertemanan karena jengkel dengan cara anda. Sebaiknya melakukan update status yang tidak berhubungan sama sekali, atau joke atau kata motivasi. Lalu agar teman anda mengetahui bahwa anda pelaku bisnis online rental mobil, silakan edit nama dengan ditambahi kata: “sewa mobil jogja”, misalnya. Jadi tanpa perlu melakukan melakukan promosi lebay dan to the point, follower anda akan mengetahui bisnis yang anda kelola.
  3. Gunakan BBM atau whats up dengan teknik yang sama dengan yang anda lakukan melalui sosial media. Secara rutin kirim broadcast tetapi tidak perlu terkait dengan bisnis online yang anda kelola. Jika kontak BBM anda sedikit, anda bisa menggunakan teknik internet marketing, misalnya membuat komunitas khusus di sosial media untuk berbagi kontak BBM untuk bisnis. Cara ini sangat efektif untuk menambah data prospek customer untuk bisnis rental mobil yang anda miliki.
  4. Lakukan order yang merata pada patner kerjasama yang anda miliki. Walaupun mungkin fee yang diberikan tidak sama, tetapi ingatlah bahwa layanan yang diberikan juga berbeda-beda. Jika anda sudah memiliki pelanggan tetap, biasanya mereka meminta unit mobil dan pengemudi yang pernah digunakan, jika dia merasa cocok. Dan ini menjadi bumerang bagi anda jika ternyata armada ini dimiliki oleh pengelola persewaan kendaraan yang memberikan fee kecil.
  5. Cobalah hitung kembali pendapatan yang anda peroleh via online ini. Jika terlihat mulai stabil dan bahkan meningkat setiap bulannya, maka perlu dipikirkan untuk memiliki mobil sendiri untuk disewakan kepada pelanggan yang sudah sering order. Cara melihat kestabilan adalah pendapatan bulanan dalam kurun waktu minimal 1-2 tahun setelah melakukan bisnis makelaran rental mobil ini.

Demikianlah contoh cara pengelolaan usaha persewaan kendaraan melalui media internet dengan modal ringan dan bahkan bisa saja gratis. Tanpa perlu modal untuk membeli mobil di awalnya, anda sudah dapat menjalankan bisnis ini. Perkembangan dalam pengelolaan ini dapat dijadikan acuan, pelajaran dan pengalaman untuk melakukan investasi pada usaha persewaan armada di masa mendatang.

Related Post

Kembangkan Usaha Anda Melalui Aplikasi Android Jika anda memperhatikan, terjadi perkembangan usaha yang cukup significant dengan memanfaatkan aplikasi android. Sebagian besar menggunakan metode ini...
Ide dan Cara Memulai Bisnis Online Gratis Memiliki usaha tanpa modal (gratis) adalah impian banyak orang dan salah satu jalan adalah dengan memulai bisnis secara online. Masalahnya, kendala te...
Mekanisme Pinjaman Uang Sistem Gadai BPKB Layanan pinjaman uang dengan melakukan pengajuan gadai bpkb mobil maupun sepeda motor tumbuh subur di kota-kota besar di Indonesia. Mekanisme yang dit...
Tips Agar Pinjaman Kredit Disetujui Banyak orang yang mengeluh karena pengajuan pinjamannya sering ditolak. Bahkan pada sebuah leasing resmi yang dikenal agresif di market dan sedang dal...
Pengertian Bisnis Online dan Pengenalan Dasar Mungkin beberapa pembaca bertanya, apakah pengertian atau definisi bisnis online itu? Bagaimana metodenya? Apa saja syaratnya serta bagaimana cara pen...