peluang bisnis

8 Cara Gratis Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

cara menambah visitor blog

Bagi seseorang yang hobi menulis blog, meningkatkan jumlah pengunjungnya dengan cepat dan gratis adalah hal yang dicari caranya. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa tingkat kunjungan adalah “nyawa” dari situs yang dikelola. Segala tulisan yang diciptakan, memang sengaja untuk dibagikan secara gratis. Tetapi sangat disayangkan jika tidak ada pembacanya. Apalagi jika tujuannya untuk menghasilkan uang, semuanya menjadi sia-sia tanpa memberikan hasil serupiahpun. Berikut ini cara ampuh dan cukup cepat di dalam peningkatan jumlah pengunjung blog yang dapat anda lakukan.

Adapun tips gratis bagi anda yang ingin menambah jumlah visitors ke blog yang dikelola adalah sebagai berikut:

  1. Rajin dan rutin membuat artikel. Hampir tidak mungkin memiliki blog yang jumlah pengunjungnya tinggi jika tulisannya sedikit.
  2. Manfaatkan sosial media sebagai alat promosi situs anda. Jika anda membuat situs wordpress, maka manfaatkan plugin autoshare ke banyak akun social media (facebook, twitter, google plus, tumblr), yang akan membagikan tulisan anda secara otomatis, sesaat setelah melakukan publish artikel. Cara ini tidak dapat dilakukan pada blog gratis seperti blogspot. Fasilitas otomatis pada blogspot hanya untuk google plus. Dan sebaiknya seminggu sekali, tulisan-tulisan yang ada dibagikan ulang secara manual melalui akun sosmed yang dimiliki.
  3. Dengan melakukan Blogwalking. Maksud dari cara ini adalah mengunjungi blog milik orang lain dengan harapan ada kunjungan balik dari pemilik situs tersebut maupun dari visitors-nya. Tetapi anda sebaiknya jangan buru-buru melakukan teknik ini, sebaiknya 3 bulan awal adalah masa konsentrasi mengisi blog anda dengan konten unik dan original hingga lebih dari 50 artikel (asumsinya tiga hari sekali melakukan update postingan).
  4. Meningkatkan jumlah pengunjung dengan cara mempromosikan di social bookmark. Teknik inipun juga harus dilakukan setelah umur artikel anda lebih dari tiga bulan. Di media internet, banyak sekali social bookmark gratis yang memiliki visitors sangat tinggi yang berpotensi mengunjungi situs yang anda kelola.
  5. Memanfaatkan layanan youtube. Ini adalah teknik terbaru mendatangkan pengunjung blog melalui fasilitas kartu (card) yang baru diluncurkan. Cara ini terbilang efektif, selama video yang anda unggah memiliki penonton yang sangat banyak. Youtube selain berguna untuk menghasilkan uang, juga berguna untuk mengarahkan arus pengunjung ke blog yang kita kelola.
  6. Menambah jumlah pengunjung dengan melakukan share link postingan pada akun instagram. Anda tentu heran, karena pada kolom update status hanya bisa membuat tulisan dan berbagi gambar saja. Di sinilah trik rahasianya. Akun instagram dapat berintegrasi dengan facebook dan twitter. Selain anda memposting gambar yang bertuliskan nama blog, silakan ketik url postingan anda pada kolom status. Jika akun tersebut terintegrasi dengan FB dan Tweets, maka secara otomatis akan yang muncul di kedua sosmed tersebut berbentuk link. Jadi fungsi instagram ini hanyalah sebagai media autoshare seperti pada cara nomer 1 di atas. Bagi pengguna blogspot, teknik ini cukup cerdik dan dapat dimanfaatkan sebagai media berbagi secara otomatis.
  7. Meningkatkan jumlah pengunjung dengan teknik seo. Blog yang unggul dalam pencarian dengan kata kunci persaingan tinggi adalah impian banyak blogger. Masalahnya, anda butuh waktu khusus untuk mempelajari cara optimasi situs sehingga mampu memenangkan persaingan. Dan sebaiknya pahami dahulu karakteristik blog yang dikelola maupun dasar-dasar seo, sebelum melakukan teknik ini. Banyak pihak yang gagal mengoptimalkan situsnya karena terburu-buru ingin cepat meraih posisi SERP.
  8. Menuliskan alamat blog pada kartu nama yang dimiliki. Cara ini cukup ampuh jika memiliki banyak relasi yang menyimpan kartu nama anda. Pengunjung blog dari hubungan pertemanan seperti ini malah cukup bagus secara kualitas, karena mereka akan hadir secara direct, dan nama domain blog telah dihapalkan oleh mereka.

Jika anda pelajari kedelapan cara yang telah saya sampaikan tentang teknik meningkatkan jumlah pengunjung blog, maka semuanya tidak perlu menggunakan dana sepeserpun, dan dijamin mampu meramaikan situs anda. Dan khusus pada poin yang terkait dengan pemanfaatan social media, pastikan akun anda memiliki jumlah pertemanan yang banyak. Dan sebagai penutup, mungkin terlintas dalam pikiran anda, apakah ada cara-cara yang tidak gratis? Dan jawabannya: “Tentu saja ada.” Dengan memanfaatkan iklan adwords, promosi PPC (pay per click), facebook ads, maupun pasang iklan di situs lain, maka tingkat kunjungan bisa melonjak tinggi. Tetapi modal untuk berpromosi jenis ini tidak sedikit dana yang harus dikeluarkan.

Related Post

Menjadi Sukses Karena Uang Receh Kisah tentang kesuksesan yang disebabkan oleh uang receh ini sebenarnya sudah banyak yang mengulas dan kali ini saya berbagi sisi lain yang akan menga...
Manfaat Aplikasi Android Bagi Bisnis Banyak pengusaha di Indonesia yang belum paham keberadaan aplikasi android yang berdampak positif bagi bisnis. Mereka menganggap bahwa manfaatnya hany...
Arti Penting Keberadaan Jaringan Pemasaran Bagi Le... Salah satu bisnis yang seolah menuntut kehadiran jaringan pemasaran yang lebih luas dan berada di dekat pelanggan adalah usaha perusahaan pembiayaan y...
Pinjaman Take Over Bpkb Masih Kredit Belum banyak masyarakat yang mengetahui program pinjaman take over kredit, yang telah disediakan leasing resmi. Selama ini, sebagian dari masyarakat I...
Cara Melakukan Taksasi Harga Mobil Pada Bisnis Pin... Sebagai debitur yang ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan bpkb mobil, maka perlu mengetahui harga taksasi kendaraan yang dimilikinya. Ini merupaka...