peluang bisnis

7 Cara Meningkatkan Penghasilan Youtube

tips monetise youtube

Bagi blogger yang mencoba berbisnis online dengan mencari penghasilan via adsense, kini banyak yang memanfaatkan Youtube sebagai kombinasi sumber pendapatan. Awalnya saya sempat pesimis juga dengan teknik monetise seperti ini. Dalam bayangan (pemikiran) saya, selain harus kemana-mana berburu video yang unik dan jarang diunggah, hal yang paling menjengkelkan adalah teknik promosi yang harus dilakukan sesering mungkin agar video youtube yang diupload memiliki view yang tinggi serta subscribe terhadap saluran yang dimiliki. Cara-cara tersebut juga belum tentu meningkatkan hasil dollar yang diperoleh karena tergantung klik terhadap iklan yang muncul. Tapi ternyata sebagian dari pemikiran saya itu keliru karena monetise group google ini sedikit unik dan berbeda. Berikut penjelasannya.

Apa sih monetise Youtube itu?

Saya tidak akan menjelaskan tentang social media Youtube karena semua gadget smartphone biasanya sudah ada terinstal dan semua pemiliknya sangat tahu bahwa media tersebut berisi sekumpulan video yang diunggah oleh member. Masalahnya, ternyata banyak yang tidak paham bahwa video yang diupload tersebut dapat menghasilkan uang (monetise). Mengenai cara mendapatkan pendapatan melalui akun youtube ini sudah banyak yang mengulas dan rasanya sangat mudah. Yang agak sulit adalah bagaimana supaya peningkatan penghasilan secara cerdik dan cepat terjadi. Dan inilah yang ingin saya bagikan berdasarkan pengalaman saya pada akun sosial media yang cukup penting bagi internet marketing ini.

Poin Perhitungan

Jika anda memperhatikan ada hal yang berbeda (walau hanya sedikit) dalam poin perhitungan hasil adsense melalui blog dengan sosial media video ini. Jika pada blog, anda mendapatkan dollar jika ada yang melakukan klik pada iklan yang muncul (tentu saja yang valid). Sedangkan perhitungan hasil Youtube adalah selain klik yang terjadi pada iklan (valid), jumlah view juga memberikan pendapatan yang menarik bagi yang melakukan monetise (silakan cek pada dassboard akun anda jika view total sudah 200-an, pasti ada dollar walau belum ada yang melakukan klik). Saya memiliki akun saluran tempat wisata populer di Youtube dan dari sana cukup deras menghasilkan dollar padahal baru mulai memonetise. Memang, saya diuntungkan karena niche saluran tersebut adalah tempat wisata, yang biasanya orang lebih suka melihat videonya daripada ulasan di blog jika dihadapkan pada pilihan keduanya.

Mendapatkan Dollar Dengan Cepat

Jika anda tertarik untuk mengetahui cara meningkatkan penghasilan Youtube dan dengan cepat mendapatkan dollar maka beberapa poin yang saya perhatikan cukup pengaruh adalah sebagai berikut:

  1. Pilihan Niche. Pilihlah niche atau tema yang menarik dan sekiranya disukai oleh pengguna internet. Tidak asal mengunggah video saja karena setelah saya cek, di sosial media Youtube ternyata banyak “sampah” juga.
  2. Disarankan untuk menggunakan video sendiri dan unik. Memang beberapa Youtuber sengaja mencari creative common (video yang sudah ada diijinkan untuk dikemas ulang), yang digunakan agar jumlah total video yang diupload menjadi banyak.
  3. Jika salah satu tips adsense blog adalah meningkatkan pendapatan dengan cara memperbanyak pageview dengan cara membuat blog yang banyak, maka begitu pula yang terjadi di sosial media ini. Perbanyak total view anda dengan memperbanyak video yang di upload.
  4. Promosikan video anda melalui kartu (ada menu kartu yang dapat digunakan sebagai internal link menuju video milik anda yang lainnya). Dan juga lakukan promosi melalui sosial media lain seperti facebook, twitter dan google plus.
  5. Promosikan video anda pada blog yang tinggi pengunjungnya. Jika anda memiliki situs yang pengunjungnya tinggi, pasang saja pada sidebar. Bikin judul widget yang sekiranya memancing visitors untuk melihat rekaman anda tersebut.
  6. Coba submit pada beberapa social bookmark yang mengijinkan pengguna untuk mempromosikan video Youtubenya. Pasang script embed dan buat juga link dengan anchor text sesuai keyword video dan arahkan ke url video tersebut di Youtube. Saya melihat Mulia bookmark dan Solo Bookmark diijinkan untuk kegiatan ini selama memenuhi aturan yang ditetapkan. Kalau sosbook lain kebanyakan sulit, karena tidak bisa membaca url dengan protokol https seperti yang dimiliki oleh youtube.
  7. Cobalah melakukan subscribe pada akun orang lain. Jika dalam waktu sebulan dia tidak re-subscribe, silakan putuskan langganan. Ya seperti kode etik dalam menambah jumlah followers sosmed lain aja. Prinsipnya: “You follow me and I follow you”. Itu prinsip ampuh, bukan?

Demikianlah 7 cara ampuh dan cerdik agar penghasilan dari video Youtube dapat meningkat dengan cepat. Saya berharap teman-teman melakukan subscribe dan saya pasti juga akan melakukan hal yang sama pada saluran sobat semua. Dan bagi yang masih bingung bagaimana mendesain video sederhana dan dapat diunggah, mungkin salah satu property saya yang viewnya sangat tinggi ini dapat dijadikan contoh. Anda pasti tercengang ternyata mudah juga membuatnya.

Related Post

Tips Mengelola Toko Online di Instagram Salah satu social media yang sering digunakan sebagai toko online adalah instagram. Cara mengelola bisnis yang menggunakan media ini cukup berbeda dan...
Cara Menentukan Nama Domain Situs Di dalam pembuatan blog, website atau situs untuk bisnis online, cara menentukan nama domain yang mengikuti kaidah seo ternyata tidak semudah membalik...
Saya Tidak Peduli Perubahan Blogspot.com ke Blogsp... Hari ini semenjak siang jam 15.00 waktu di Indonesia, google melalui groupnya melakukan perubahan radikal terhadap extension domain blogspot.com menja...
Arti Penting Keberadaan Jaringan Pemasaran Bagi Le... Salah satu bisnis yang seolah menuntut kehadiran jaringan pemasaran yang lebih luas dan berada di dekat pelanggan adalah usaha perusahaan pembiayaan y...
Peluang Bisnis Hewan Hamster Yang Menggiurkan Bagi anda yang cukup telaten di dalam memelihara binatang, mungkin terbersit untuk mencoba peluang bisnis terkait dengan hobi anda. Salah satunya adal...