peluang bisnis

Cara Meningkatkan Trust Pada Online Store Yang Dikelola

faktor penting pada toko online

Bagi pemilik usaha berbentuk online store, faktor trust (kepercayaan pelanggan) adalah salah satu hal yang perlu ditingkatkan dan bahkan dianggap sulit. Jika membangun blog bisnis dengan estetika sudah bisa dilakukan, tingkat kunjungan yang tinggi ke situs juga sudah dapat diraih, maka kendala terbesar adalah bagimana caranya agar mampu membuat calon pelanggan melakukan transaksi pada toko online yang dikelola? Pertanyaan ini sering muncul dari pemula yang mencoba meraih penghasilan dari bisnis via internet. Dan semoga penjelasan di bawah ini mampu menjawab pertanyaan tersebut.

Adapun beberapa hal yang menjadi faktor peningkat kepercayaan pelanggan sehingga terjadi transaksi secara online adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan penampilan toko online anda. Cara ini bukan saja berlaku di dunia nyata (offline) melainkan juga wajib diterapkan pada bisnis internet. Coba anda bayangkan jika anda datang ke suatu toko lalu melihat suasana berantakan, maka bisa saja unsur “trust” tidak terjadi. Anda hanya melihat-lihat sebentar lalu meninggalkannya tanpa membeli sesuatu (window shopping). Dan ini cukup fatal dan sangat mungkin terjadi pada usaha yang dikelola melalui internet.
  2. Beri penjelasan yang lengkap termasuk alamat dari pengelola. Walaupun usaha yang dilakukan merupakan sampingan dan bentuknya rumahan, tetapi jika situs anda dilengkapi alamat yang dilengkapi hingga kode pos dan adanya peta yang menunjukkan lokasi pengelola, maka hal ini merupakan salah satu cara bisnis online untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  3. Manfaatkan banyak social media sebagai identitas lain dari pengelola toko online. Misalnya anda menggunakan akun twitter, facebook, dan bahkan youtube, selain menggunakan nama toko sebagai user, lampirkan pula beberapa akun pribadi untuk memperkuat kepercayaan. Saya sering melihat banyak pemula yang memiliki akun social media bermacam-macam profile-nya. Biasanya digunakan untuk mengelabui calon pembeli dalam hal popularitas (kesannya banyak yang mengenal toko online anda). Ini hal yang fatal dan jangan pernah dilakukan. Bisnis yang diawali dengan aksi tipu-tipu akan sulit meraih trust dari calon pelanggan, apalagi kalau sampai ketahuan aksi ini.
  4. Manfaatkan kerjasama dengan pihak yang lebih dipercaya oleh masyarakat. Misalnya perbankan. Saat ini hampir semua bank besar telah menyediakan pembayaran khusus untuk pebisnis online yang nama usahanya bisa dimunculkan sebagai akun yang tertera di ATM atau internet banking. Ini salah satu cara yang terbaik di dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap online store yang anda miliki, karena terdaftar resmi sebagai patner perbankan yang memiliki syarat legalitas khusus.
  5. Gunakan nama khusus yang bisa meningkatkan faktor kenyamanan bagi pembeli. Misalnya dengan penggunaan domain khusus seperti ekstensi co.id. Walaupun harga domain ini sama dengan dot com, tetapi untuk memilikinya dibutuhkan persyaratan legalitas perusahaan seperti akte perusahaan, NPWP dan SIUP.
  6. Gunakan pengaman situs yang dipercaya. Misalnya dengan menggunakan protokol HTTPS yang dikenal memiliki keamanan yang tinggi dalam arus lalu lintas data melalui jaringan internet. Protokol ini diyakini sulit untuk ditembus oleh peretas, sehingga google juga menyarankan dan memasukkan dalam unsur ranking factor. Jadi pemasangan HTTPS cukup membantu di dalam mengoptimasi toko online.
  7. Cara meningkatkan kepercayaan calon pelanggan dengan menyediakan menu testimoni yang diisi oleh pembeli yang sudah eksis. Pastikan agar anda jangan mengisi sendiri menu testimoni ini agar anda juga mengetahui pendapat dari orang-orang yang pernah menggunakan layanan atau membeli produk dari toko online yang dikelola.
  8. Sebaiknya anda secara rutin menyapa pelanggan termasuk meminta masukan mereka. Anda bisa menghubungi, SMS, chat via social media atau bahkan menghubungi via email. Dengan menjaga hubungan yang harmonis seperti ini, niscaya para pembeli yang sudag eksis akan selalu berlangganan dengan anda dan bahkan merekomendasikan kepada relasi mereka. Metode promosi seperti ini adalah salah satu teknik promosi yang ampuh agar situs dikenal masyarakat dan meraih kepercayaan yang tinggi.

Demikianlah 8 cara yang dapat anda gunakan agar tingkat kepercayaan (trust) dari masyarakat dapat tumbuh dan semakin kuat terhadap toko online yang anda kelola. Jika hal tersebut sudah teraih, maka anda mengembangkan bisnis apapun akan dengan mudah diterima masyarakat sehingga dapat dengan cepat meraih kesuksesan. #Peluang usaha apapun rasanya jadi mudah untuk dijalankan.

Related Post

Kelebihan dan Kelemahan Peluang Bisnis Afiliasi Salah satu metode bisnis online yang sering dikerjakan pemula adalah menjalankan peluang usaha afiliasi. Jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan (...
Mengapa Toko Online Saya Sulit Dioptimasi? Pertanyaan tentang sulitnya sebuah toko online dioptimasi untuk meraih kemenangan di beberapa kata kunci penelusuran ini, sering muncul dalam forum di...
Peralatan Wajib Untuk Usaha Online Basis Web Seharusnya sudah banyak yang mengetahui daftar peralatan wajib yang harus ada jika seseorang menjalankan usaha online dengan basis website ini. Tetapi...
Pengertian Internet Marketing dan Lingkup Kerja Salah satu kegiatan yang berkembang pesat di Indonesia adalah internet marketing. Kegiatan ini memiliki pengertian yang cukup luas termasuk ruang ling...
Cara Gratis Meningkatkan Jumlah View Pada Youtube Di media internet, sudah banyak yang mengulas cara-cara untuk meningkatkan jumlah view pada video yang diunggah secara gratis dan sebagian yang akan s...