peluang bisnis

Cara Menentukan Nama Domain Situs

cara tentukan nama domain

Di dalam pembuatan blog, website atau situs untuk bisnis online, cara menentukan nama domain yang mengikuti kaidah seo ternyata tidak semudah membalikkan tangan. Pemilihan nama yang tepat keyword sering menjadi kendala terutama ketersediaan dan cara optimasinya juga memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Apalagi jika mencoba mencari yang kondisinya bekas dan umurnya seperti yang ditawarkan oleh penjual domain berpagerank tinggi yang notabene kita tidak bisa menentukan nama sesuai keinginan. Lalu caranya bagaimana agar bisa mendapatkan domain yang tepat dan mudah dioptimasi dengan teknik SEO yang benar untuk blog bisnis? Berikut ini penjelasannya untuk anda.

Nama Domain Seo Friendly

Dalam bidang bisnis, nama memiliki arti yang sangat penting. Termasuk juga dalam pembuatan situs dalam rangka pengembangan bisnis via internet. Pemilihan domain ini pada umumnya mengacu beberapa hal yang terkait dengan teknik seo. Walaupun dalam hal kualitas website, teknik optimasi bukanlah yang tertinggi, tetapi cara pendekatan kaidah seo sering diutamakan oleh pebisnis terkait dengan pengeluaran biaya yang murah. Adapun penentuan nama domain yang benar dan seo friendly adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki nama yang unik. Coba anda cek nama-nama situs seperti: Kaskus, Google, Yahoo dan lainnya yang dikenal unik di telinga, adakah padanannya dalam kosa kata bahasa apapun di dunia ini? Kalau anda memberi nama domain yang mengandung kata “wisata”, maka sudah jelas bahwa pemilihan kata tersebut merujuk suatu arti tertentu. Semakin unik dan enak didengar oleh telinga, maka semakin bagus untuk bisnis online yang sukses.
  2. Mudah dihapalkan. Syarat pemilihan nama domain yang mudah dihapalkan oleh pengunjung adalah mutlak. Kita tidak pernah mengetahui kapan algoritma pencarian di mesin telusur akan berubah caranya. Tetapi selama brand image nama blog tertanam, maka pengunjung akan langsung menuju situs kita. Dalam strata kesuksesan sebuah usaha, brand image adalah hal yang sangat penting.
  3. Semakin pendek relatif lebih bagus. Nama domain yang pendek identik dengan mudah diingat. Memang kadang faktor ketersediaan maupun harga yang tinggi menjadi kendala utama. Saat dicari dalam ekstensi [dot]com, biasanya yang pendek tidak tersedia. Jika ingin menggunakan ekstensi domain baru seperti [dot]id, maka biaya menjadi sangat mahal. Sekilas info saja, [dot]id dengan nama terdiri atas dua huruf, harganya mencapai ratusan juta. Pada cara pemilihan nama untuk domain situs poin yang ketiga, saya menggunakan kata “relatif”. Artinya tidak mutlak. Contohnya penggunaan nama “indonesia.com” walau cukup panjang hingga sembilan huruf, tetapi tetap mudah dihapalkan dan enak terdengar di telinga.
  4. Jika membutuhkan adanya keyword di dalam nama domain, sebaiknya pilih keyword yang paling utama. Misalnya: kata “seo” pada bisnis yang terkait jasa seo. Jadi bukan kata “jasa” yang diambil sebagai nama domain. Lalu kombinasikan keyword kuat tersebut dengan kata (nama) yang spesifik dan menjurus ke brand anda. Misalnya: “nelsonseo.com”. Jika anda tidak mahir mengoptimalkan situs, penggunaan nama domain yang tepat keyword malah sulit dioptimasi. Dalam bisnis pengoptimalan situs, jika klien memiliki domain tepat keyword (EMD/exact match domain), maka biayanya bisa mencapai 2x atau 3x harga normal. Karena tingkat kesulitannya sangat tinggi, agar terhidar dari hukuman algoritma EMD yang digulirkan google.
  5. Pada pembelian nama dengan ekstensi bisnis seperti [dot]co.id, maka pencantuman salah satu kata yang terdapat pada nama perusahaan anda adalah mutlak. Bahkan jika anda ingin menggunakan ekstensi tersebut untuk produk yang memiliki hak paten, maka wajib pula melampirkan bukti bahwa anda merupakan organisasi resmi yang diijinkan memasang nama patent tersebut. Contohnya: jika anda ingin menggunakan nama “Hondajakarta.co.id”, maka cara memperoleh domain tersebut harus menunjukkan “surat penunjukkan dealer resmi” dari pemegang merk.
  6. Jika situs yang dikelola untuk bisnis, pemilihan ekstensi domain [dot]com atau [dot]co.id sangat disarankan. Dalam teknik seo, jika market produk anda merupakan lokal Indonesia, maka ekstensi [dot]co.id memiliki cara yang sangat mudah dalam proses optimasi. Tapi anda wajib memiliki ijin perusahaan resmi untuk mendapatkannya. Jika pemilihan nama untuk kategori blog non formal, maka silakan gunakan ekstensi lainnya.
  7. Terkait pemilihan nama ekstensi, sebaiknya juga menentukan domain berdasarkan jenis usaha. Jika anda menjalankan bisnis terkait internet, maka ekstensi [dot]net sangat seo friendly dan powerful. Contoh lain adalah domain ekstensi [dot]tv untuk media televisi dan [dot]org jika situs merupakan representasi untuk organisasi. Jika anda menjalankan bisnis online perdagangan fashion, lalu menggunakan ekstensi [dot]net, maka website anda akan sulit dioptimasi.

Demikianlah tutorial singkat tentang cara menentukan nama untuk domain blog atau situs bisnis yang anda kelola. Sangat disarankan untuk menyediakan waktu khusus untuk berfikir tentang “brand” ini sebelum membeli domain. Tidak sembarangan mengambil keputusan hanya terkait keyword supaya “ramah seo”, yang pada akhirnya akan menyusahkan proses selanjutnya.