peluang bisnis

Cara Membuat Blog WordPress Untuk Usaha

cara membuat blog

Penggunaan platform blog wordpress yang digunakan sebagai media berbisnis kini kian marak dan jenis situs ini dipilih karena relatif mudah cara membuatnya. Dengan mempelajarinya melalui tulisan ini, saya yakin anda dapat berkreasi dan menciptakan situs yang berguna sebagai media berjualan maupun perwakilan usaha, yang powerfull dalam seo sehingga mampu merajai banyak kata kunci di mesin penelusuran seperti google dan bing. Karena terkait dengan usaha, maka pembuatan blog yang saya ajarkan ini membutuhkan domain TLD (Top level domain) dan platform WordPress.org, sehingga nilai gengsi dan brand yang akan digunakan lebih dapat diterima masyarakat dari sisi estetika bisnis dan profesionalitas.

Jenis Situs Usaha

Sebelum saya bahas caranya membuat blog bisnis WP, ada baiknya anda kenali jenis media yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya. Pengguna internet yang ingin memiliki situs yang berkualitas, pada umumnya menggunakan:

  1. Website. Situs dengan jenis seperti ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar yang sudah mapan yang saya perhatikan kini sudah mulai jarang digunakan sebagai media jualan. Kalaupun ada, website yang digunakan bersifat market place, jadi hanya mediakan tempat bertemunya pebisnis online dengan pelanggan. Jenis website murni kurang bagus dari sisi seo karena tidak bisa di update secara rutin.
  2. Website Blog (weblog). Istilah ini sebenarnya merupakan blog tetapi karena digunakan untuk bisnis makanya namanya dibedakan oleh masyarakat pengguna internet. Inilah yang akan kita bahas pembuatannya di bawah.
  3. Sosial Media. Walaupun marak penipuan usaha dengan menggunakan sosial media, tetapi jumlah pelaku bisnis dengan menggunakan media jenis ini tetap tinggi. Malah saya lihat, beberapa artis lebih suka menggunakan sosmed sebagai media pemasaran produknya. Jika anda orang awam yang tidak mau ribet urusan pembuatan blog maupun website, boleh saja memanfaatkan akun sosial media untuk berjualan. Sesuai dengan pengertian internet marketing, maka keberadaan media jenis ini sangat penting di dalam menjalankan usaha. Prinsipnya, anda harus memiliki jumlah pertemanan yang tinggi dan mampu menanamkan kepercayaan serta brand image usaha yang dikelola. Kalangan artis biasanya telah memiliki persyaratan ini.

Pilihan Platform

Di dalam menciptakan blog yang akan digunakan secara rutin untuk mengelola usaha via internet, maka ada banyak platform yang dapat anda pilih. Tetapi saya membatasi yang hanya bisa dilakukan custom domain. Dan pilihan terbaik untuk anda adalah:

  • Blogspot (milik google). Untuk seo cukup bagus tetapi memiliki kelemahan karena banyaknya setting secara manual yang harus dilakukan.
  • WordPress. Blog dengan platform ini sangat powerfull dalam hal seo dan mudah dioperasionalkan. Dan pebisnis online disarankan membuat situs dengan wordpress.org karena pilihan template yang sangat banyak dan mudah dikelola dengan berbagai alat bantu yang bernama plugin. Secara tampilan yang disediakan (theme), blog wordpress juga banyak yang terlihat formal. Tapi pastikan anda gunakan yang berekstensi [dot]org bukan [dot]com.
  • Platform Joomla. Sebenarnya tampilannya sebagai website bisnis cukup bagus tetapi karena pertumbuhan developer yang menciptakan plugin dan template yang kurang, semakin lama jomla semakin sedikit penggunanya.

Selain ketiga platform yang saya sebutkan di atas, masih banyak jenis blog yang dapat anda buat dengan cara yang mudah, tetapi ada yang tidak bisa dilakukan custom domain dan sebagian juga kurang powerfull dalam optimasi. Beberapa platform yang cukup terkenal diantaranya: Tumblr, Webs, Weebly dan lain sebagainya.

Proses Pembuatan Yang Mudah

Kini saatnya anda ikuti cara membuat situs bisnis jenis blog terutama pada platform wordpress.org. Dan langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah:

  1. Pilih domain dan hosting. Saya sudah menuliskan cara menentukan nama domain yang tidak bisa dilakukan sembarangan terkait dengan brand image yang tertancap di benak masyarakat. Tips terbaik seperti pada tutorial saya sebelumnya adalah memilih nama yang unik dan mengandung keyword (bukan tepat keyword).
  2. Sebaiknya anda menggunakan hosting yang bagus. Jangan gunakan pertimbangan harga yang murah semata saat membeli paket hosting yang akan digunakan untuk usaha online ini. Saya pastikan, pilihlah kualitas. Saat blog anda mulai memiliki performance yang bagus (minimal 3 bulan) maka hosting yang berkualitas buruk akan terlihat efeknya. Mulai dari seringnya down hingga serangan malware dan hecker. Ingat, itu hanya terjadi dalam waktu tiga bulan setelah anda membuat blog.proses install wp
  3. Silakan login ke cpanel dan klik program wordpress di bagian bawah cpanel untuk upload script.

proses pembuatan blog wordpressDan tahapan selanjutnya sesuai gambar di atas adalah:

  • A. Klik install.
  • B. Pilih protokol: http, https, http://www, atau https://www.
  • C. Pilih nama domain. Pemilihan domain yang sudah dibeli dan yang akan digunakan untuk blog yang akan dibuat adalah dengan cara klik tombol select pada langkah C yang tertera di gambar.
  • D. Kosongkan kolom “in directory”.
  • E. Tentukan nama blog (site name).
  • F. Tentukan deskripsi pendek (Judul Situs).
  • G. Kosongkan saja jika anda ingin membuat single situs.
  • H. Isilah username untuk login.
  • I. Isilah password untuk login.
  • J. Isilah alamat email. Disarankan agar menggunakan gmail yang akan digunakan untuk mendaftarkan blog pada google webmaster (sekarang bernama search console).
  • K. Pilihlah bahasa. Jika isi situs anda berbahasa Indonesia, sebaiknya pilih bahasa tersebut karena terkait performance dalam penelusuran bisnis lokal di google.
  • L. Klik install.

Sampai pada tahap ini, proses yang terjadi pada langkap A hingga L adalah cara detail di dalam membuat blog untuk bisnis online dengan platform wordpress. langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan page dan post. Bahkan untuk postingan ini sebaiknya rutin dilakukan pengisian. Dan jangan lupa untuk mengkaitkan situs anda dengan google analytics, webmaster tools dan share di sosial media setiap melakukan update postingan baru. Sangat disarankan membuat google business page demi kepercayaan pengunjung situs dan mudah ditemukan pada google map. Langkah-langkah ini juga sangat direkomendasikan jika anda ingin mencoba menjalankan peluang usaha saat lebaran misalnya.

Related Post

Kembangkan Usaha Anda Melalui Aplikasi Android Jika anda memperhatikan, terjadi perkembangan usaha yang cukup significant dengan memanfaatkan aplikasi android. Sebagian besar menggunakan metode ini...
Saya Tidak Peduli Perubahan Blogspot.com ke Blogsp... Hari ini semenjak siang jam 15.00 waktu di Indonesia, google melalui groupnya melakukan perubahan radikal terhadap extension domain blogspot.com menja...
Pengertian Bisnis Online dan Pengenalan Dasar Mungkin beberapa pembaca bertanya, apakah pengertian atau definisi bisnis online itu? Bagaimana metodenya? Apa saja syaratnya serta bagaimana cara pen...
Cara Menentukan Nama Domain Situs Di dalam pembuatan blog, website atau situs untuk bisnis online, cara menentukan nama domain yang mengikuti kaidah seo ternyata tidak semudah membalik...
Menjadi Sukses Karena Uang Receh Kisah tentang kesuksesan yang disebabkan oleh uang receh ini sebenarnya sudah banyak yang mengulas dan kali ini saya berbagi sisi lain yang akan menga...