peluang bisnis

Cara Melakukan Taksasi Harga Mobil Pada Bisnis Pinjaman

cara taksir mobil

Sebagai debitur yang ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan bpkb mobil, maka perlu mengetahui harga taksasi kendaraan yang dimilikinya. Ini merupakan bagian dari tips cerdik gadai yang dapat anda lakukan agar dapat memilih layanan yang memberikan pencairan tertinggi atas agunan yang diajukan. Karena tidak setiap merek mobil dapat dipastikan nilai pencairannya tinggi, apalagi kendaraan super premium yang sangat jarang beredar. Cara menilai harga taksir mobil ini saya bagikan berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs siduit.com.

Adapun cara mengetahui harga taksasi mobil yang akan dijadikan jaminan pada pegadaian adalah sebagai berikut:

  1. Cari tahu melalui situs otomotif yang ada di internet. Sebaiknya gunakan website pembanding lebih dari tiga, agar lebih obyektif dan dapat dapat mendekati harga pasaran sebenarnya. Beberapa yang cukup saya rekomendasikan diantaranya: Otonusa.com, OLX.co.id, Mobil123.com dan lain-lain.
  2. Hindari berfikir bahwa mobil anda paling bagus, variasi super lengkap, kilometer rendah, tanpa goresan dan lain-lainnya. Penilaian itu adalah subyektif dan menghibur diri. Coba anda bayangkan jika mobil yang sama dengan kondisi standar yang dimiliki orang lain dilelang, berapa nilainya menurut anda? Kira-kira seperti itulah pemikiran leasing terhadap jaminan anda.
  3. Leasing menentukan nilai pasaran mobil juga berdasarkan pengalaman atau history transaksi yang mereka miliki sebelumnya.
  4. Cara lain yang dilakukan lembaga bisnis kredit di dalam menilai taksiran agunan adalah dengan data yang diterima dari showroom mobil bekas rekanan mereka. Makanya selaku konsumen anda perlu menghubungi beberapa showroom untuk menemukan nilai sebenarnya kendaraan yang dimiliki berdasarkan pendapat para pebisnis otomotif tersebut.
  5. Berdasarkan nilai penyusutan. Perusahaan pembiayaan memiliki data nilai baru dari jenis agunan di tahun yang sama. lalu dihitunglah nilai penyusutannya setiap tahun.

Kelima cara menaksir jaminan tersebut sangat lazim dilakukan oleh perbankan, leasing, pegadaian dan perusahaan pembiayaan konsumen lainnya. Dan demi mendapatkan nilai obyektif, biasanya taksasi harga mobil tersebut dikombinasinya dan ditemukan nilai tengah. Jadi tidak serta merta mengadopsi satu sumber saja.

Jika anda mendapatkan nilai yang terlalu menyimpang, jangan jadikan patokan. Bisnis pinjaman tidak mentolerir deviasi yang terlalu jauh. Jangan terlalu kreatif berpegang pada hal unik dan berbeda. Jika terkait wisata, bisa saja mencari yang kreatif dan lain daripada lainnya (baca: Pariwisata Bandung yang kreatif). Tetapi dalam peminjaman uang, leasing maupun perbankan selalu berpegang pada nilai wajar sesuai pasaran di kota anda dari berbagai sumber. Mereka butuh trend dan nilai baku dalam taksasi.

Related Post

Kelebihan dan Kelemahan Peluang Bisnis Afiliasi Salah satu metode bisnis online yang sering dikerjakan pemula adalah menjalankan peluang usaha afiliasi. Jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan (...
Sales Counter Jabatan Super Penting di Dealer Coba anda cek di perusahaan penjualan unit motor dan mobil (showroom), khususnya kendaraan baru, maka selalu tersedia divisi sales counter dealer. Ini...
7 Peluang Bisnis Unik di Bulan Ramadhan (Lebaran) Lebaran sebentar lagi datang dan bagi yang kreatif biasanya mencari peluang bisnis yang menarik di bulan Ramadhan untuk dijalankan. Moment rohani yang...
Cara Cepat Meningkatkan Penghasilan Adsense Dalam dunia internet marketing, biasanya pelakunya juga mencari penghasilan yang tinggi melalui google adsense. Dan ada berbagai cara yang berguna unt...
Kelola Market Space Trend Usaha Online Sukses Jika anda melihat para pebisnis yang menjalankan usaha online yang sukses, biasanya mereka mengelola market space dengan benar. Memang ada banyak "jal...