peluang bisnis

9 Cara Sukses Mengelola Bisnis Online

cara sukses dalam bisnis online

Cara yang ingin saya bagikan agar bisnis online yang anda kelola meraih kesuksesan dan bukan menyesatkan bagi orang lain ini, didasari pengalaman pribadi dalam menjalankan usaha yang pada akhirnya menjadi sumber penghasilan utama bagi keluarga. Memang, kebanyakan pengusaha via internet melakukan kegiatan dengan diawali coba-coba, dan bahkan komitmen awal hanya ingin mendapatkan penghasilan tambahan (side income). Dan karena terjadi pertumbuhan bisnis yang bagus, maka biasanya konsentrasi lebih ditingkatkan agar usaha secara online ini dapat berkembang dan pada akhirnya menjadi sukses. Apapun metode yang anda jalani sekarang, baik sekedar coba-coba, iseng sebagai sambilan, maupun dengan cara sepenuh hati memulainya dari awal, maka ada beberapa prinsip yang harus dilakukan agar tujuan akhir tersebut tercapai. Semoga panduan yang saya sampaikan di bawah ini mudah untuk anda pahami.

Definisi Sukses

Jika ditanya secara pribadi, masing-masing individu memiliki definisi sukses yang berbeda. Dan kalau diperdebatkan, waktu akan terbuang secara percuma. Jadi dalam pengertian bisnis online yang mampu meraih kesuksesan ini lebih baik saya jelaskan versi general dan pasti diakui oleh masyarakat. Dan definisi tersebut adalah berhasilnya pengelolaan usaha di dalam meraih tujuan baik dalam jangka pendek, menengah dan bahkan jangka panjang, yang tercermin dalam hasil pendapatan maupun keuntungan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dapat digunakan sebagai perputaran modal bisnis dan pengembangan, mencukupi income keluarga termasuk karyawan serta memiliki sisa saldo sebagai cadangan maupun investasi di masa mendatang. Dan cara terbaik bagi anda memahami artinya adalah membaca poin-poin yang pertebal dan hal tersebut harus terjadi secara berurutan. Jadi kesuksesan sebuah bisnis termasuk yang dikelola secara online memiliki tahapan dalam pencapaian.

Cara Menjalankan Bisnis

Setelah anda paham pengertian dari kesuksesan di dalam usaha, maka berikut ini tips terbaik yang dapat anda lakukan dengan cara yang mudah pada bisnis online yang sedang dikerjakan. Adapun prinsip dasar pengelolaannya adalah:

  1. Lakukan persiapan yang matang. Apapun konsep yang ingin anda terapkan pada usaha via internet yang sedang dilakukan, maka persiapan adalah hal yang paling krusial. Walaupun dilakukan sebagai sambilan, tetapi jika tanpa persiapan, maka bisnis online yang dikerjakan akan sulit meraih kesuksesan. Cara terbaik di awal adalah, membuat daftar minat dan kesukaan yang sekiranya dapat dikembangkan secara online. Anda tidak boleh membuat bisnis karena ikut-ikutan, apalagi jika karena iri melihat rekan, tetangga atau saudara yang sukses menjalankan usaha via internet. Inilah penyakit di masyarakat kita yang terlalu latah jika melihat keberhasilan seseorang di sekitarnya. Selain persiapan secara teknis, maka persiapan secara mental juga perlu dilakukan. Anda harus siap untuk sukses tetapi juga harus bermental baja dan tangguh walaupun terjadi kegagalan.
  2. Mencari informasi sebanyak mungkin. Ada banyak yang berpendapat bahwa cara menjalankan bisnis via online adalah sesegera mungkin memulainya. Ini juga hal yang berbahaya karena kesempatan meraih kesuksesan akan semakin kecil dengan tindakan terburu-buru. Coba anda pahami dahulu, usaha yang terkait dengan minat ini apakah memiliki berbagai cara pemasaran? Bagaimana kompetitornya? Akankah berkesinambungan? Bagaimana trend yang terjadi sekarang maupun prediksi di masa mendatang? Saya punya contoh yaitu kakak saya sendiri, yang sesegera mungkin membuat website agar dapat menjalankan bisnis online di bidang perdagangan perhiasan. Setelah situs sudah jadi, masalah awal menjadi timbul yaitu cara mengoperasionalkan, mengoptimalkan serta meraih kepercayaan pelanggan yang belum mengenal dia. Padahal dia cukup terkenal dan memiliki jaringan pertemanan di social media yang cukup tinggi. Akhirnya dia mencoba menjalankan bisnis perhiasan secara online dengan memanfaatkan social media tersebut dan sekarang cukup sukses. Dari contoh ini, terlihat bahwa persiapan dan investigasi mencari informasi terkait adalah hal yang sangat penting.
  3. Tetapkan tujuan secara detail. Tujuan dalam bisnis online dan offline adalah sudah jelas, yaitu profit. Masalahnya, anda perlu memiliki agenda yang jelas. Tetapkan tujuan profit awal diraih dalam berapa lama dan berapa besarnya, Lalu tetapkan pula tujuan menengah maupun tujuan akhir. Jika anda menggunakan sejumlah modal, tetapkan target kapan akan mengalami BEP (break even point), kapan harus mengembangkan bisnis online baik dalam bentuk diversifikasi usaha maupun pengembangan secara intensif. Semuanya ini harus dituangkan dengan cara tertulis dan memiliki time schedule (jadual waktu) yang jelas. Bila perlu, lakukan setting target kapan anda harus memasuki masa sukses secara menyeluruh sesuai definisi di atas.
  4. Fokus di dalam pengelolaan. Ini adalah bagian yang cukup sulit jika kita ingin meraih sukses dalam bisnis online tetapi menjalankannya tidak dengan konsentrasi penuh. Jika anda ingin mengelola sebagai usaha sampingan, anda tetap perlu fokus dan konsentrasi, dan bahkan perlu meluangkan waktu khusus secara rutin di dalam pelaksanaan. Waktu rutin memang bukan berarti tiap hari harus diurusi (jika hanya sambilan), tetapi adalah hal yang aneh jika dalam seminggu tidak pernah melakukan kontrol. Begitu pula dalam perawatan blog maupun website yang digunakan sebagai sarana menjalankan bisnis. Jika anda tidak kontrol, apalagi saat membuatnya, tidak paham cara memilih hosting yang bagus, maka saat menjalankan usaha bakal terjadi masalah. Mungkin saja masalah itu timbul dalam skala kecil dan anda sanggup menangani, tetapi ada kalanya masalah tersebut terlalu besar sehingga butuh bantuan orang lain.
  5. Identifikasi penyebab sukses dan gagalnya transaksi. Anda perlu mengenali hal-hal yang menyebabkan bisnis online yang dikelola gagal terjadi transaksi maupun sukses membukukan margin. Ada contoh yang pernah terjadi pada teman saya, saat tiba-tiba dalam waktu singkat meraih pembeli yang banyak sehingga stock barangnya habis. Lalu saat dia melakukan order untuk stock, ternyata barang tersebut sudah terlalu sulit didapat. Beberapa suplier dihubungi juga tidak memiliki persediaan. Lalu dia berfikir mengapa tiba-tiba pembeli datang dengan cara berbarengan? Dan setelah diselidiki ternyata kompetitor bisnis online-nya menahan barang dan menaikkan harga jual. Sehingga pembeli banyak yang menghubungi dia untuk melakukan transaksi. Jika anda terbius dengan derasnya permintaan dalam waktu singkat sehingga terlena tidak kontrol market dan stock, maka opportunity mendapatkan margin lebih besar dapat terlewatkan. Sukses yang seharusnya terjadi, malah tergantikan dengan berhentinya usaha karena menunggu pengisian stock.
  6. Kreatif di dalam pengelolaan bisnis. Dalam menjalankan usaha baik secara offline maupun online, ide kreatif adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh pebisnis. Cara-cara pemasaran yang unik, melakukan promosi situs, kerjasama dengan usaha lain, trik dalam mengemas produk, dan kegiatan lainnya yang dipandang unik dan belum dilakukan oleh kompetitor adalah hal yang menentukan cepat atau lamanya meraih kesuksesan di dalam menjalankan usaha via internet.
  7. Jalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Caranya dengan tetap menjaga hubungan yang baik walaupun dia tidak membutuhkan produk anda saat itu. Istilahnya, “just say hello” kepada customer adalah teknik yang efektif untuk meraih simpatik pelanggan tetap, sehingga dia tidak akan beralih ke pebisnis lain. Anda perlu ingat bahwa media online adalah pangsa pasar yang luas bahkan tidak terjadi pertemuan bisnis secara fisik dengan user. Hal ini dibutuhkan kepercayaan yang tinggi. Referensi dari pelanggan tetap adalah metode pemasaran yang sangat efektif sehingga kesuksesan dapat segera diraih.
  8. Lakukan Review. Walaupun usaha yang anda kelola secara online masih masuk dalam kategori bisnis kecil-kecilan, tetapi yang namanya review tetap harus dilakukan. Tetapkan waktu rutin misalnya seminggu atau sebulan sekali, melakukan peninjauan atas perkembangan usaha yang dikelola. Kalau bisnis masih belum berkembang, ingat lagi cara-cara yang sudah dilakukan selama ini. Konsultasi dan diskusi perlu juga dilakukan dengan bertanya pada pengusaha sejenis maupun yang berbeda produk yang anda kenal. Konsultasi ini bisa saja dilakukan secara online maupun bertemu secara offline. Anda perlu pahami bahwa bisnis modern itu tidak menganggap kompetitor sebagai musuh. Tetapi malah anda harus merangkul dan maju bersama untuk menyongsong kesuksesan.
  9. Lakukan Pembagian Resiko. Artinya, jika bisnis online yang dikerjakan sudah stabil dan memberikan pemasukan tetap serta memiliki cadangan maupun tabungan (sukses tahap awal), sebaiknya lakukan pengembangan dengan cara menciptakan usaha baru yang bisa saja masih berhubungan dengan produk anda sebelumnya, maupun berbeda sama sekali. Contohnya pada bisnis internet (jasa seo) yang saya kelola. Pembagian resiko sebagai investasi saya lakukan dengan cara mengembangkan adsense, adword, jasa backlink dan bahkan travel online yang jelas berbeda dengan bisnis awal yang saya kelola. Tahap akhir ini perlu dilakukan secara cermat. Banyak pemula yang buru-buru melakukan diversifikasi, padahal pada bisnis awalnya belum terjadi kesuksesan. Tindakan ceroboh ini bisa menghancurkan semuanya.

Tahapan keberhasilan adalah mampu mengelola usaha dan meraih tujuan jangka pendek, menengah dan panjang, serta menghasilkan keuntungan untuk dapat digunakan sebagai modal putar, mencukupi kebutuhan dan memiliki cadangan investasi di masa mendatang..

Demikianlah kiat sukses yang dapat anda gunakan di dalam mengelola usaha via media internet. Pedoman dan cara bisnis online ini terkesan ringkas dan sedikit (hanya 9 poin), tetapi sebenarnya semua esensi pengelolaan usaha telah terangkum di dalamnya. Jika ada yang ingin di diskusikan, silakan berkomentar di bawah ini.

Related Post

Sales Counter Jabatan Super Penting di Dealer Coba anda cek di perusahaan penjualan unit motor dan mobil (showroom), khususnya kendaraan baru, maka selalu tersedia divisi sales counter dealer. Ini...
Syarat Program Take Over Kredit Mobil Salah satu program gadai yang banyak dicari adalah take over kredit. Layanan ini memiliki syarat yang sebenarnya cukup ketat dibanding dengan program ...
Keuntungan & Tips Membeli Mobil Merek Honda Tips di dalam memilih atau membeli mobil adalah dengan menentukan mereknya. Salah satu brand kendaraan yang cukup populer di Indonesia adalah Honda. A...
Portal Nominal Memberikan Edukasi Keuangan & ... Baru-baru ini saya dikejutkan dengan kehadiran Portal Nominal, yang memberikan banyak edukasi kepada masyarakat terkait jasa keuangan, bisnis perbanka...
Peluang Bisnis Travel Agent Online Bagi Pemula Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, peluang bisnis berupa travel agent online mengalami pertumbuhan luar biasa di Indonesia. bahkan persaingannya se...

6 Comments on "9 Cara Sukses Mengelola Bisnis Online"

  1. Terima kasih banget nih bang atas tipsnya.

    • Halooo bang icah.. wahh sudah lama tak ngobrol neh.. ini mah bukan tips buat abang yang sudah pro.. hehehehe masih berlayar, bang?

  2. Wahhhh ada blog baru lagi neh… ini koq mozrank nya tinggi bang? Kerennn…. katanya gak mau bahas tentang bisnis online…

    • Ini sebenarnya blog lama yang tidak keurus neng., kaget aja liat mozrank nya, makanya buru2 di rebuild..
      lagi banyak yg tanya biz online jadinya tertarik nulis dehh..

  3. itu sama halnya kayak konteks dasar dalam berbisnis ya gan,, bukan hanya di bisnis online tapi juga pada dunia ofline juga harus mengerti akan hal ini…

    • Nelson Sitompul | 03/06/2015 pada 18:45 |

      Betul mas.. yang membedakan hanya teknis saja sih.. kalau prinsip dasar memang sama.. makanya saya tulis bahwa pensip dasar pengelolaannya adalah……

Komentar ditutup.