peluang bisnis

Bisnis Buah Beku Lebih Menarik Daripada bahan bakunya!

buah bekuBisnis Buah Beku

Buah beku kini sudah menjadi trend bagi konsumen yang aktif mengkonsumsi buah. Sehingga sekarang sudah marak sekali penjualan buah beku kita temui. Mulai dari mall, supermarket, pasar modern, maupun dijual secara online. Namun dengan adanya produk baru dan memakai bahan baku buah ini menjadi banyak pertanyaan bagi penjual, distributor maupun supplier, apakah menjual buah beku lebih dapat menghasilkan banyak keuntungan atau lebih menguntungkan menjual buah mentah seperti dahulu. Ada beberapa pendapat dari sudut pandang yang berbeda, pertama sudut pandang dari pedagang kecil ataupun pedagang buah di pasar tradisional yang tidak memiliki modal besar untuk menjual buah beku dan fasilitas yang kurang memadai dari pasar tradisional tempat mereka berjualan maka, mereka masih tetap setia menjual buah mentah dan masih menganggap menjual buah mentah lebih menguntungkan daripada beralih pada bisnis buah beku.

buah beku

Bisnis Buah Beku

Di sisi lain bagi pedangan yang memiliki modal cukup besar dan memiliki alat yang menunjang untuk berbisnis buah beku, tentu saja mereka dengan bangga memilih menjual buah beku akan lebih menguntungkan daripada menjual buah mentah dengan beberbagai alasan. Mulai dari resiko yang mereka dapat tidak terlalu besar seperti buah beku tidak akan mudah busuk atau akan memperlambat kebusukan pada buah jika buah tetap pada kemasannya dan sesuai standrat kesehatan, dibandingkan buah mentah yang akan mudah busuk jika tidak laku-laku, selain itu buah beku memiliki keunggulan dalam kebersihan dan kehigienisan dalam pengemasannya di banding buah mentah yang langsung di petik dari pohon lalu di pasarkan tanpa di bersikan dan dikemas. Lalu dilihat dari segmen pasar yang kini sudah semakin modern dan banyak beralih ke bisnis yang terkait buah beku dengan alasan lebih praktis, higienis dan menyehatkan tentunya, maka keuntungan dari menjual buah beku pun akan lebih besar di terima dari pada harus menjual buah mentah.

Permintaan pasar yang terus berinovasi dan sangat meningkat pesat ini pun menjadi pemicu utama dalam bisnis penjualan buah beku, dan mau tidak mau pedagang harus bisa mengimbangi permintaan pasar agar tidak terjadi kerugian yang terlalu besar nantinya. Ditambah dengan pengetahuan yang sekarang di miliki konsumen lebih besar dari pedagang, maka pedagang pun harus bisa secara cerdas menyiasatinya jika tidak, bukan tidak mungkin calon konsumen bahkan pelanggan pun akan beralih ke tempat yang lebih baik lagi. Data dari kementrian perdagangan sekarang konsumen lebih kritis 3 kali lipat dari 4 tahun sebelumnya dan persentase itu bisa akan terus meningkat di tiap tahunnya. Ini dapat dilihat dari kemajuan sumber informasi dan teknologi yang sekarang begitu mudah di akses kapan pun dimanapun dan oleh siapapun. Diiringi dengan gaya hidup sekarang yang lebih modern, praktis, simple dan sehat makin membuat konsumen lebih pintar memilih produk yang akan mereka konsumsi.