peluang bisnis

Arti Penting Sosial Media Pada Internet Marketing

sosial media marketing

Keberadaan sosial media kini telah memasyarakat dan menjadi trend tersendiri di Indonesia khususnya di bidang marketing. Jumlah pengguna yang selalu meningkat, dan bahkan sudah menjadi perwakilan profile seseorang maupun perusahaan, menunjukkan bahwa media petemanan ini memiliki arti khusus. Bisa dibilang bahwa pada golongan usia produktif di Indonesia pasti memiliki akun sosial media, selama yang bersangkutan menggunakan gadget yang bisa akses internet. Dan ini merupakan peluang bisnis dan tempat yang bermanfaat bagi pelaku internet marketing.

Teknik Marketing Efektif

Di dalam artikel cara membuat blog, pada bagian akhir saya memberikan saran bahwa situs bisnis yang sudah jadi, sebaiknya dibagikan ke publik melalui sosial media. Bahkan setiap update postingan, anda sebaiknya membagikannya di media ini. Hal ini terkait dengan teknik mempopulerkan blog sebagai bagian dari kegiatan seorang internet marketter. Jika akun anda memiliki banyak teman (real bukan boot), maka peluang agar info tersebut dibaca oleh pengunjung menjadi lebih besar. Jika tulisan anda bermutu, biasanya teman tersebut tidak segan-segan memberikan plus (google+), like (facebook), view, like dan subscribe (youtube) serta favorite (twitter). Dan yang lebih menyenangkan lagi jika mereka melakukan reshare dengan komentar positif. Pola marketing berantai yang tercipta dari applause dan reshare ini sangat efektif dalam pemasaran via internet.

Media Transaksi Langsung

Sosial media juga selama ini sering digunakan oleh internet marketter untuk berjualan secara langsung. Jika anda pebisnis yang menggunakan media situs untuk berjualan membutuhkan waktu tertentu yang cukup lama agar situsnya optimal dalam pencarian, maka dengan penggunaan media sosial, waktu yang lama tersebut dapat dijadikan “alat” mengisi kekosongan traksaksi. Anda dapat langsung berjualan karena market telah tersedia (jumlah followers). Inilah kelebihan dari social media yang sedang booming.

Sarana Sosial Gratis

Keberadaan social media yang bersifat gratis yang tujuan awalnya untuk kegiatan bersosialisasi adalah sarana yang menguntungkan bagi pengusaha. Tanpa pengeluaran biaya apapun dalam pembuatan akun, dapat menekan biaya marketing yang dikeluarkan. Bahkan bagi pemula yang ingin memiliki usaha, penggunaan media sosial ini merupakan cara memulai bisnis online gratis yang sangat direkomendasikan. Cobalah anda lihat, perusahaan besar yang memiliki staf khusus sosial media, internet marketter terkenal, dan artis yang memiliki bisnis, mereka saja tidak malu dan bahkan menganggap sangat penting peran sosmed ini. Mengapa anda tidak mengikuti jejak mereka?

Dari ketiga point penjelasan di atas, tampak nyata bahwa keberadaan sosial media memiliki arti penting dalam dunia marketing. Sifatnya yang gratis membuat cepat tersebar di internet dan dalam waktu singkat, jumlah akun penggunanya melambung tinggi. Ada banyak pihak yang diuntungkan dengan kehadiran social media yang beragam ini.