peluang bisnis

Apakah Perbedaan Pemimpin Dengan Manager?

leader vs manager

Dalam dunia usaha kita sering mendengar istilah pemimpin dan manager yang sering diucapkan. Kedua kata yang bisa saja merujuk pada satu individu ini ternyata memiliki perbedaan peran dan fungsinya. Bagi yang tidak peduli perbedaan ini, mungkin bisa saja menganggap keduanya adalah hal yang sama. Padahal jika anda pernah menyelami kedua posisi tersebut, akan terasa bedanya, apalagi jika kita merupakan pihak pemilik usaha. Berikut ini ulasan tentang hal yang membedakan keduanya berdasarkan pengalaman saya belasan tahun kerja di perusahaan orang lain dan lima tahun memiliki perusahaan sendiri. Semoga hal ini dapat memberikan pemahaman yang benar dan berguna di dalam pekerjaan kita masing-masing.

Perbedaan antara kedua sebutan atas posisi tinggi tersebut diantaranya:

Pemimpin: Orang yang memiliki visi dan berusaha menjalankan visi tersebut.

Manager: Orang yang memegang istruksi misi dan berusaha melaksanakan misi tersebut.

Pemimpin: Memimpin dan mengelola sekumpulan orang dalam suatu wadah.

Manager: Orang yang mengelola dan memiliki mandat sebagai pimpinan dalam suatu organisasi.

Pemimpin: Berfikir untuk masa depan bawahannya.

Manager: Berfikir untuk perkembangan karirnya.

Pemimpin: Menunjukkan kinerja bawahannya kepada atasan yang lebih tinggi.

Manager: Memperlihatkan hasil kerja bagian atau bidang yang dikelolanya.

Pemimpin: Tidak ambil pusing jika dia pensiun dan siapa penggantinya.

Manager: Sering berfikir akan jadi apakah jika dia pensiun nanti.

Pemimpin: Melihat permasalahan dan pengaruhnya secara global lalu mempertimbangkan apakah hal tersebut perlu ditindak lanjuti.

Manager: Mencoba menyelesaikan segala sesuatu permasalahan yang terjadi.

Pemimpin: Lebih banyak mengetahui segala sesuatu secara global dan strateginya.

Manager: Berusaha memahami sesuatu secara detail termasuk langkah-lankah taktis.

Pemimpin: Tidak terlalu banyak melaporkan sesuatu kepada atasannya yang lebih tinggi, sepanjang dia bisa mengelola permasalahan yang terjadi dan tidak berkepanjangan.

Manager: Melaporkan segala sesuatu kepada atasan yang lebih tinggi termasuk permasalahan yang sudah diketahui jalan keluarnya.

Pemimpin: Berusaha fokus ke masing-masing departeman yang ada di bawahnya dengan tingkat konsentrasi masing-masing 100%.

Manager: Berusaha membagi sama rata fokus dirinya terhadap departemen yang dikelolanya. Misalnya dia membawahi 2 bidang, maka 50% untuk bidang A dan 50% untuk bidang B.

Dari sebagian ulasan di atas, tidak perlu mempermasalahkan mana yang lebih baik. Kedua posisi tersebut akan selalu terjadi pada diri anda apapun posisinya dan keduanya sangat dibutuhkan. Jika anda menjabat suatu divisi maupun jika anda memiliki perusahaan sendiri, pasti anda harus bisa memposisikan kapan harus jadi manager dan kapan harus menjadi seorang pemimpin. Keduanya bukan pilihan dan mana yang terbaik, tetapi kedua jabatan tersebut berbicara tentang memposisikan diri sesuai kondisinya sesuai dengan waktunya.

Saya suka dengan pepatah: “Be a right man in the right place and the right time”. Bukan berusaha menjadi “bunglon” tetapi mencoba menyelami dan memahami mengapa “bunglon” melakukan adaptasi seperti itu. Semoga motivasi ini berguna bagi setiap pengunjung blog yang menyempatkan diri membaca tulisan yang saya rangkai sesederhana mungkin.

Related Post

Sales Counter Jabatan Super Penting di Dealer Coba anda cek di perusahaan penjualan unit motor dan mobil (showroom), khususnya kendaraan baru, maka selalu tersedia divisi sales counter dealer. Ini...
Menjadi Sukses Karena Uang Receh Kisah tentang kesuksesan yang disebabkan oleh uang receh ini sebenarnya sudah banyak yang mengulas dan kali ini saya berbagi sisi lain yang akan menga...
Rahasia Peluang Usaha Penjualan Tiket Pesawat Onli... Di dalam menjalankan bisnis travel agent, salah satu kegiatan yang sudah jamak adalah mencoba peluang usaha melalui penjualan tiket pesawat secara onl...
Pinjaman Take Over Bpkb Masih Kredit Belum banyak masyarakat yang mengetahui program pinjaman take over kredit, yang telah disediakan leasing resmi. Selama ini, sebagian dari masyarakat I...
Alternatif Cara Promosi Blog Yang Efektif Di dalam mengelola bisnis online dengan media blog (situs/website) maka cara melakukan promosi adalah bagian yang penting yang tidak boleh diabaikan. ...