peluang bisnis

Airbnb Tawarkan Menginap Non Mainstream

hunian unik yang disewakanContoh Rumah Pohon Via Airbnb

Salah satu media travel online sukses yang unik dan telah mendunia adalah Airbnb. Konsep usaha dengan menawarkan pengalaman menginap di tempat yang tidak biasa (non mainstream) adalah inti keunikan yang cukup cerdik. Jika travel pemesanan kamar hotel pada umumnya menawarkan kamar penginapan yang memang resmi sebagai tempat menginap, maka Airbnb memberikan informasi tempat-tempat bermalam berupa rumah tinggal, villa unik, rumah pohon, apartemen dan bahkan caravan juga ada. Prinsipnya, wisatawan yang ingin mencari sesuatu yang lain dari biasanya atau bahkan ingin merasakan tinggal di rumah lokal yang lengkap dengan aturan budaya setempat, adalah bidikan dari media ini.

hunian unik yang disewakan

Contoh Rumah Pohon Via Airbnb

Airbnb berdiri sejak tahun 2008 di San Fransisco, California, USA. Mereka menyebutkan dirinya bukanlah sebagai bisnis travel agent, tetapi berupa komunitas pemasaran atau media periklanan bagi siapapun yang memiliki properti untuk disewakan secara harian, mingguan, dan bahkan bulanan. Ide yang cukup menyenangkan karena memang belakangan ini, banyak orang yang menjalani liburan dengan kegiatan yang tidak seperti biasanya. Contohnya beberapa waktu yang lalu, saya diajak oleh komunitas eksekutif Jakarta untuk berlibur ke Tanjung Lesung dan menyewa sebuah villa. Tetapi tahukah anda, bahwa ternyata villa tersebut hanya digunakan sebagai tempat menaruh tas dan masak saja. Kami semua menginap di dalam tenda di halaman belakang villa tersebut yang luas dengan pemandangan lepas pantai. Asik sih, apalagi semua pengeluaran dibayarin, dan saya masih dapat “amplop” pula dengan timbal balik membuat ulasan mereka di situs wisata yang saya miliki. Hehehehe… Nah, orang-orang seperti inilah yang menjadi market dari Airbnb yang memasarkan properti menginap tetapi non mainstream! Unik, bukan?

Mungkin di Indonesia belum banyak yang berani menyediakan hunian sebagai tempat menginap yang tidak biasa. Tetapi saya melihat tanda-tanda ke arah tersebut. Contohnya seperti di pulau Tidung, yang menyewakan rumah sebagai tempat bermalam, rumah pohon di Batu Malang, maupun rumah kayu di Ubud Bali yang memiliki taman luas dan hijau di tengah sawah yang disewakan secara harian atau mingguan. Pengelola rumah atau properti seperti ini sangat cocok memasarkan huniannya via airbnb.

Bagi kita yang ingin berlibur dengan cara yang tidak biasa, terutama lokasi menginapnya, coba saja search di airbnb.co.id. Kalau ingin yang berbahasa Inggris, anda bisa gunakan airbnb.com dan jumlah properti yang ditawarkan lebih luas dan mendunia. Konsep bisnis yang ditawarkan oleh media online yang cerdik dan unik ini mungkin baru satu-satunya. Dan ini merupakan peluang bisnis keren yang melayani orang lain dengan menawarkan sesuatu yang tidak mainstream. Anda tertarik meniru? Atau bahkan malah menemukan ide bisnis lain dengan konsep serupa? Segera kerjakan, mumpung belum banyak saingannya. Biasanya yang rada aneh akan cepat menyebar dan terkenal dengan cepat.